Logo BBC

Para Ilmuwan Ingin Hidupkan Kembali Mamut, Untuk Apa?

Mamut berbulu pernah hidup di Bumi sebelum punah ribuan tahun yang lalu, tapi dapatkah mereka diciptakan kembali? Getty Images/BBC Indonesia
Mamut berbulu pernah hidup di Bumi sebelum punah ribuan tahun yang lalu, tapi dapatkah mereka diciptakan kembali? Getty Images/BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kelompok ilmuwan dan pengusaha mengumumkan rencana untuk menghidupkan kembali mamut berbulu yang sudah punah.

Para ilmuwan akan menggunakan teknologi rekayasa genetika dan DNA mamut yang diekstraksi dari fosil beku berusia ribuan tahun.

Mereka berharap dapat menciptakan hibrida mamut dan gajah Asia, yang paling mendekati mamut sebenarnya, dan kemudian menempatkan hewan-hewan itu di hamparan Siberia.

Perusahaan yang terlibat, Colossal, telah mendapatkan $15 juta (Rp213 miliar) dari sponsor komersial untuk pengembangan proyek ini.

"Ini adalah tonggak besar bagi kami," kata inspirasi utama di balik proyek tersebut, Dr. George Church dari Harvard Medical School seperti dikutip surat kabar New York Times. "Ini akan membuat perubahan besar."

Selama delapan tahun terakhir, Dr. Church menghabiskan waktu luangnya dengan mengembangkan teknologi untuk "menghidupkan kembali" mamut bersama segelintir orang yang sepemikiran.

Tidak semua orang memiliki optimisme Chruch dan rekan-rekannya, dan beberapa orang telah mempertanyakan etika mengembalikan hewan raksasa kuno itu dari kepunahan.

"Ada banyak masalah yang akan dihadapi semua orang di sepanjang jalan," kata Beth Shapiro, seorang paleogenetik di University of California, Santa Cruz, kepada New York Times.