Kominfo Blak-blakan Sudah Lakukan Ini ke Mango Live

Mango Live.
Sumber :
  • Techbigs.com

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo rupanya sudah sejak lama melakukan pemutusan akses aplikasi Mango Live di Google Play Store. Tapi, menurut pantauan VIVA Tekno, Senin, 20 September 2021, aplikasi tersebut masih ada di App Store.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Mango Live adalah aplikasi asal Hong Kong, China yang kini tengah viral karena digunakan selebgram RR untuk siaran langsung, menampilkan hal-hal yang tidak senonoh. Ia disebut meraup hingga Rp30 juta per bulan di aplikasi tersebut dengan melakukan aksinya tanpa busana secara langsung atau live.

"Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap aplikasi Mango Live di Google Play Store sejak bulan Februari 2021," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, Senin, 20 September 2021.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Kominfo terus berupaya untuk memutus akses aplikasi tersebut di sumber lain yang mereka temukan. Pemerintah meminta agar masyarakat yang menemukan penyebaran konten internet yang melanggar peraturan perundang-undangan dapat melaporkan melalui kanal aduankonten.id atau kanal-kanal aduan lain yang disediakan untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

Mango Live dikembangkan oleh APPXYZ MOBILE COMPANY LIMITED. Mereka secara gamblang juga mengatakan bahwa aplikasi diperuntukkan bagi pengguna yang usianya di atas 17 tahun, yang mana berisi konten seksual dan ketelanjangan – keduanya masuk kategori pornografi.

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

Meski begitu, Mango Live hanya melarang konten berkelahi, mengancam akan berkelahi, mengganggu ketertiban umum, merusak fasilitas umum, mengintai, menghina hingga menggunakan kata-kata radikal.

Mango Live juga menyediakan fitur Private Live Streaming Room. Jadi, bagi pengguna yang tidak ingin melakukan siaran langsung untuk umum disarankan memanfaatkan fitur ini.

Pengguna harus mengirim undangan ke teman untuk memulai siaran langsung di mana tamu harus memasukkan tiket atau kode rahasia untuk masuk.

Fitur lainnya adalah Interacting With the Host. Pengguna bisa mengirim animasi untuk kreator. Pengguna juga bisa melakukan live streaming bersama dengan Guest Live, baik secara video maupun audio. Pengguna juga bisa memanfaatkan layanan VIP untuk memberi siaran langsung yang eksklusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya