Ingin Data Penting Lebih Aman? Coba Cara Mencadangkan WA di Sini

Whatsapp.
Sumber :
  • freepik.com

VIVA – Cara mencadangkan WA atau pesan WhatsApp sangatlah mudah, karena sudah tersedia di dalam aplikasinya sendiri. Saat ini WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan yang sangat efektif, baik untuk menghubungi teman, saudara, atau bekerja.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Selain berbagi pesan, kamu juga bisa berbagi informasi, dokumen, foto, video, hingga audio dengan memakai aplikasi ini. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara mencadangkan WA dan juga data-data penting yang lain di WhatsApp.

Terutama bila kamu aktif memakai WhatsApp untuk pekerjaan, backup data secara berkala sangatlah penting. Pencadangan data juga berfungsi bila data aslinya tidak ditemukan atau terhapus di file manager.

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Cara mencadangkan WA ini tidak sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, kamu tidak usah khawatir dengan data-data penting pada saat mengganti ponsel atau nomor ponsel atau bahkan jika kamu harus menginstal aplikasi tersebut. Dengan melakukan backup, maka kamu dapat memulihkan chat tersebut kapan saja. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak cara mencadangkan WA berikut ini.

Lalu, Bagaimana Cara Mencadangkan WA?
Cara Mencadangkan WA

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

Salah satu syarat yang dibutuhkan supaya riwayat chat dari perangkat lama dapat berpindah ke perangkat baru adalah nomor WhatsApp yang dipakai harus sesuai dengan nomor yang dimasukkan ke dalam Gmail. Akun Gmail yang dipakai harus sudah masuk atau signin di ponsel.

Cara mencadangkan WA ini tidak sulit, namun diperlukan kesabaran yang ekstra. Selain itu, kamu juga membutuhkan koneksi internet yang cukup kencang dan kuota yang mencukupi. Tapi, kamu bisa memanfaatkan koneksi WiFi supaya lebih lancar dalam prosesnya.

Untuk mencadangkannya, buka aplikasi WhatsApp dan pilih ikon titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, klik menu ‘setting’ atau pengaturan, kemudian pilih ‘chat’, lalu pilih ‘chat backup’ atau cadangkan chat.

Setelah itu, pilih ‘back up to Google Drive’ atau cadangkan ke Google Drive. Untuk waktu pencadangannya kamu bisa memilih kapan saja sesuai keinginan, mulai dari setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, tidak pernah, atau bisa dengan klik ‘cadangkan’.

Lalu, pilih akun Google Drive yang akan kamu pakai untuk menyimpan riwayat percakapan. Kamu juga dapat menambahkan alamat Gmail jika belum sign in pada perangkat tersebut. kemudian pilih ‘back up over’ atau cadangkan melalui, untuk memilih koneksi yang dipakai untuk mencadangkan pesan, apakah lewat seluler atau WiFi.

Kamu juga tidak akan diberikan pilihan apakah ingin mencadangkan video atau tidak. Bila sudah semua dilakukan, pilih ‘back up’ dan chat akan tersimpan secara otomatis. Kemudian untuk waktu pencadangan akan disesuaikan dengan ukuran chat yang disimpan.

Cara Mencadangkan WA dengan Ekspor Chat

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru

Photo :
  • U-Report

Selain itu, kamu dapat memakai fitur Ekspor Chat untuk menyalin seluruh chat, baik chat lama yang terhapus atau chat baru. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah pertama, buka chat pribadi atau grup yang ingin dipindahkan.
Kemudian pilih tombol titik tiga vertikal yang terletak di sebelah kanan atas dan klik lainnya.
Setelah itu, pilih Ekspor chat dan pilih apakah kamu akan melampirkan data atau tidak.
Perlu diketahui bahwa jika kamu memilih untuk melampirkan media, maka file tersebut akan dikirimkan dan juga dilampirkan pada badan email. Tapi, pesan yang bisa dikirimkan hanya 10.000. hal ini berbeda bila kamu tidak ingin mencadangkan media dan kamu bisa mencadangkan sebanyak 40.000 pesan.

Cara Memulihkan Cadangan WA

WhatsApp.

Photo :
  • Pixabay

Setelah kamu mencadangkan WA ke Google Drive, percakapan sudah siap untuk dipindahkan ke dalam perangkat baru. Cara memulihkan cadangan ini tidak sesulit cara mencadangkan WA lho!

Sesudah aplikasi WhatsApp terinstal, masuk ke akun baru yang ingin dipulihkan chatnya. Kamu hanya perlu memilih ‘restore’ atau pulihkan chat kemudian dilanjutkan dengan ‘next’ atau lanjutkan untuk memulihkan cadangan chat yang sebelumnya telah disimpan di dalam Google Drive.

Cara Memulihkan Cadangan WA dari Local Backup

WhatsApp.

Photo :
  • Freepik

Bila kamu ingin memakai Local Backup atau cadangan lokal, maka harus mentransfer seluruh file ke ponsel baru memakai komputer, file explorer atau kartu SD. Umumnya ponsel akan menyimpan file cadangan selama tujuh hari terakhir.

Cadangan lokal akan dibuat otomatis setiap pukul 02.00 dan akan disimpan ke dalam ponsel. Bila tidak disimpan ke dalam folder, SD Card, WhatsApp, maka mungkin bisa ditemukan pada penyimpanan internal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya