Toilet Bikin Elon Musk Was-was

Elon Musk.
Sumber :
  • Teslarati.com

VIVA – Orang terkaya di dunia Elon Musk mengatakan bahwa perjalanan ke luar angkasa memiliki tantangan ketika astronot menggunakan toilet. Ia tidak merinci apa masalah yang terjadi pada toilet itu, tapi cuma bilang akan meningkatkan fungsi toilet untuk misi luar angkasa di masa depan, sehingga kejadian yang lalu tidak akan terulang.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Elon Musk juga sudah bertemu kru Inspiration4 usai mereka mendarat di Florida, Amerika Serikat (AS). Sebelum misi berjalan ada banyak diskusi tentang seberapa baik toilet di kapsul Crew Dragon milik SpaceX yang membawa empat kru. Toilet pun terletak tepat di bawah jendela yang besar.

Artinya, para kru dapat melihat ke luar angkasa saat mereka buang air kecil. Padahal, Jared Isaacman, miliarder yang mendanai perjalanan perdana ke luar angkasa itu mengatakan bahwa toilet ditutupi tirai sehingga menawarkan privasi.

Elon Musk Blak-blakan Tidak Akan Sumbang Duit Pada Capres AS

Meski begitu, baik Elon Musk maupun SpaceX, belum banyak bicara tentang bagaimana tepatnya toilet itu bekerja. Namun, pelatihan bagaimana menggunakan dan mengoperasikan toilet menjadi bagian dari persiapan panjang yang harus dilalui empat turis sipil sebelum penerbangan ke orbit Bumi.

Seperti dikutip dari situs Independent, Kamis, 23 September 2021, perbaikan lainnya di masa depan akan mencakup oven kecil untuk memanaskan makanan. Elon Musk sudah minta maaf kepada kru karena mereka harus makan pizza dingin dan menjanjikan makanan yang lebih hangat. Isaacman sendiri tidak mengeluh dan mengklaim makanannya enak.

Elon Musk Sindir Meta Gegara Facebook dan Instagram Down

Elon Musk juga mengatakan bahwa kapsul Crew Dragon akan menyertakan koneksi wifi melalui Satelit Starlink milik SpaceX. Inspiration4 adalah misi terbaru dalam rangkaian penerbangan luar angkasa ambisius yang digembar-gemborkan oleh pengusaha tajir kelahiran Afrika Selatan itu.

SpaceX mengikuti jejak Virgin Galactic milik Richard Branson dan Blue Origin karya Jeff Bezos, yang sudah terbang ke luar angkasa beberapa waktu lalu. Inspiration4 sukses mengirim empat warga sipil, yakni Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor, dan Chris Sembroski.

Mereka menghabiskan waktu selama tiga hari mengelilingi Bumi. Bagi banyak orang, bangkitnya wisata luar angkasa komersial dianggap sebagai sebuah pamer kekayaan dan kekuasaan.

Di tengah beberapa krisis global seperti perubahan iklim dan pandemi COVID-19, tiga miliarder Richard Branson, Jeff Bezos dan Elon Musk, justru menghambur-menghamburkan uang dalam perjalanan ke tepian luar angkasa untuk bersenang-senang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya