Google Lahir dari Sebuah Kamar Asrama

Google.
Google.
Sumber :
  • The Indian Express

VIVA – Raksasa teknologi Google merayakan hari jadinya yang ke-23 tahun. Pada Senin hari ini, 27 September 2021, Google Doodle menampilkan gambar kue ulang tahun dua tingkat berwarna cokelat lengkap dengan lilin yang menyala dengan angka 23.

"Dikatakan bahwa satu pertemuan kebetulan dapat mengubah jalan hidup Anda. Dalam kasus Google, pertemuan kebetulan antara dua ilmuwan komputer mengubah arah internet dan kehidupan jutaan orang," tulis Google dalam platformnya.

Pada 1997, Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, secara kebetulan ditugaskan untuk bertemu Larry Page, yang sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjananya pada saat itu, di sekitar kampus.

Tahun berikutnya, dua pendiri Google itu kemudian membangun mesin pencari bersama di kamar asrama mereka dan mengembangkan prototipe pertama mereka. Kemudian, pada 1998 Google Inc. resmi lahir.

Setiap hari ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia. Meskipun banyak yang telah berubah dari masa-masa awal Google, misi mereka masih tetap sama, yakni membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang.

Server pertama Google bertempat di lemari yang terbuat dari balok mainan. Sedangkan saat ini, servernya ditempatkan di lebih dari 20 pusat data secara global. Nama Google sendiri sebagai permainan angka yang sangat besar, 10 pangkat 100, yang oleh para matematikawan disebut sebagai googol.

Di luar itu, kantor pusat Google yang sekarang dikenal sebagai Googleplex adalah permainan dari jumlah yang lebih besar, googolplex yakni 10 pangkat googol.