WhatsApp Padam, Sementara Pakai Aplikasi Ini

Telegram, Signal dan WhatsApp.
Sumber :
  • Kr-Asia

VIVA – Masyarakat di seluruh dunia sedang dibuat bingung oleh tumbangnya tiga aplikasi yang paling sering mereka gunakan, yakni WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Tiga platform tersebut tidak bisa diakses sejak Senin malam kemarin sekitar pukul 22.30 WIB, dan hal itu masih berlangsung sampai berita ini ditayangkan.

Laman Downdetector memperlihatkan tiga aplikasi itu mendapat laporan yang sangat banyak. Bahkan WhatsApp menjadi trending topic di Twitter, dengan jumlah warganet yang membahas aplikasi itu sebanyak lebih dari 3 juta orang.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Hal ini tidak hanya dialami di Indonesia saja, namun juga banyak netizen di berbagai belahan dunia. Nama Mark Zuckerberg juga turut diperbincangkan di dunia maya.

Pihak Facebook melalui Twitter mengatakan bahwa mereka sudah menerima informasi terkait gangguan tersebut dan sedang berusaha keras untuk mengatasinya.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Sembari menunggu pulihnya layanan tersebut, ada dua aplikasi pesan singkat yang bisa diunduh dan digunakan. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Tekno dari berbagai sumber, Selasa 5 Oktober 2021:

Signal

Signal berada di garis depan terkait pengganti WhatsApp. Popularitasnya melonjak karena sikap perusahaan terhadap privasi pengguna. Signal adalah aplikasi terenkripsi end-to-end, seperti WhatsApp.

Aplikasi menjanjikan bahwa semua data pengguna dienkripsi dan tidak dapat dilihat oleh Signal atau pihak ketiga. Mereka adalah perusahaan yang relatif kecil, yang dijalankan oleh organisasi nirlaba dan bertahan melalui donasi.

Telegram 

Telegram telah disebut-sebut sebagai alternatif terbaik untuk WhatsApp sejak lama, karena sikapnya terhadap privasi dan rangkaian fitur di dalamnya. Layanan memungkinkan Anda membuat grup hingga 200 ribu anggota dan berbagi file hingga 2GB secara gratis.

Meski aplikasi terenkripsi end-to-end, obrolan biasa tetap tersimpan di server Telegram. Jika pengguna ingin obrolan yang dienkripsi dari perangkat ke perangkat, Anda dapat menggunakan fitur Mode Rahasia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya