Indosat Ooredoo Hadirkan Kampung Digital di Solo, Jawa Tengah

Indosat Ooredoo menghadirkan Kampung Digital di Solo
Sumber :
  • Dok.Indosat

VIVA – Indosat Ooredoo hadirkan Kampung Digital di Solo. Peresmian Program “Kampung Digital” dilakukan pada Senin, 4 Oktober 2021. Indosat Ooredoo, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, terus mendukung transformasi digital Kota Surakarta sebagai kelanjutan dari Peluncuran 5G Indosat Ooredoo. 

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Kemitraan berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi kota ini diberi nama Program “Kampung Digital” yang menghubungkan masyarakat dengan Pemerintah Kota Surakarta melalui saluran informasi yang terpercaya, real-time, dan mendukung komunikasi dua arah.

Indosat Ooredoo mewujudkan “Kampung Digital” melalui pemasangan ratusan layar pintar terenkripsi, termasuk modem berkecepatan tinggi, dan kuota data selama 1 tahun, di pos-pos RT dan balai desa. 

Deretan Negara yang Miliki IQ Tertinggi di Dunia, Ada 1 Tetangga Indonesia

Pemerintah Kota Surakarta Lakukan Pengelolaan dan Pengawasan Menggunakan SI Pintar

Sumber informasi menggunakan Sistem Informasi Pintar (SI Pintar) terpusat, di mana pemerintah Kota Surakarta melakukan pengelolaan dan pengawasan. Sistem informasi digital terintegrasi ke dalam banyak aspek kebutuhan masyarakat perkotaan, seperti sosial, ekonomi, seni budaya, informasi, dan kebijakan pemerintah kota beserta jajarannya.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Peresmian Program “Kampung Digital” Bertepatan Penandatanganan MoU

Peresmian Program “Kampung Digital” bertepatan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Pemulihan Ekonomi oleh Direktur & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, dengan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, di Tawang Aula Arum, Kantor Walikota Surakarta. Acara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menekan penyebaran COVID19.

“Kami sangat senang dapat mendukung transformasi digital Kota Solo sebagai kelanjutan dari peluncuran 5G kami di awal tahun ini. Kami percaya kemitraan berkelanjutan ini akan menghasilkan pemulihan ekonomi Kota Solo,”kata Vikram Sinha.

“Hari ini menandai tanggal penting kerjasama kami dengan Pemerintah Kota Surakarta melalui Kampung Digital sebagai langkah maju menuju masyarakat digital. Kami berharap inisiatif ini akan mempercepat pemulihan ekonomi, yang pasti akan memaksimalkan potensi warga Surakarta dan pemerintah,” imbuhnya.

Implementasi SI Pintar ini akan menggunakan skema sentralisasi informasi yang bersumber dari smart information hub Kominfo Pemkot. Konten informasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam video, gambar, teks, atau website akan dikirimkan melalui sistem berbasis cloud

Informasi tersebut akan diterima secara bersamaan di layar smart TV di titik kumpul komunitas, dan kinerjanya dapat dipantau sebagai upaya evaluasi dan analisis melalui smart information hub berbasis cloud. Koneksi internet Indosat Ooredoo mendukung penuh seluruh skema penyampaian konten informasi.

Kampung Digital Untuk Pemulihan Ekonomi Kota Surakarta

Program ‘Kampung Digital’ melanjutkan dukungan Indosat Ooredoo untuk pemulihan ekonomi Kota Surakarta yang sebelumnya menghadirkan festival teknologi, seni, dan budaya 5G, pemberdayaan UMKM melalui Rasa Solo, dan mendukung percepatan program vaksin untuk lansia. 

Selanjutnya, seiring dengan penandatanganan MoU, Indosat Ooredoo akan memberikan dukungan berupa digital talent education melalui program Local Content Creator Camp dan IDCamp AR Class serta Pelatihan Transformasi Digital Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan UKM Go Digital.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, “Komitmen Indosat Ooredoo untuk Kota Solo tidak berhenti sampai di sini. Sebelumnya dengan peluncuran 5G, dan hari ini melalui peluncuran Kampung Digital. Akan ada lebih banyak program seperti Collaboration dan Augmented Reality, yang akan dipercepat pada 2022."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya