4 Fitur Tersembunyi di Telegram yang Wajib Kamu Coba

Telegram, Signal dan WhatsApp.
Sumber :
  • Kr-Asia

VIVA – Taukah kamu jika ada 4 fitur tersembunyi di Telegram. Telegram merupakan aplikasi perpesanan dengan fokus pada kecepatan dan keamanan, sangat cepat, sederhana, dan gratis. 

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Kamu dapat menggunakan Telegram di semua perangkat secara bersamaan. Telegram ini memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan dan merupakan salah satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia.

Dengan Telegram, kamu dapat mengirim pesan, foto, video, dan file jenis apa pun (doc, zip, mp3, dll), serta membuat grup hingga 200.000 orang atau saluran untuk disiarkan ke audiens yang tidak terbatas. 

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Kamu dapat menulis ke kontak telepon kamu dan menemukan orang-orang dengan nama pengguna mereka. Hasilnya, Telegram seperti gabungan SMS dan email, serta dapat menangani semua kebutuhan perpesanan pribadi atau bisnis kamu. 

Selain itu, Telegram juga mendukung panggilan suara dan video terenkripsi ujung ke ujung, serta obrolan suara dalam grup untuk ribuan peserta. Ternyata, ada 4 fitur tersembunyi di Telegram lho, apa saja fitur tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Fitur Tersembunyi di Telegram

1. Fitur Find People by Location

Jika kamu ingin memperluas jaringan dan mendapatkan teman baru di Telegram, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menemukan grup atau teman baru yang di lokasi sekitarnya.

Namun untuk mendapatkan manfaat fitur ini, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. 

Cara mengaktifkan fitur ini yaitu masuk ke tab Contacts dan izinkan lokasi menyala untuk mulai memanfaatkan fitur ini.

2. Fitur Slow Mode

Di fitur ini kamu bisa mengatur pesan masuk di grup. Telegram menghadirkan fitur Group Chat yang memungkinkan komunikasi dalam kelompok lebih mudah. Karenanya, tidak jarang pengguna memiliki beberapa Group Chat dalam percakapan.

Dengan fitur ini, admin dapat menjadwalkan waktu bagi anggota grup mereka jika ingin mengirimkan pesan. Fitur ini dapat diakses ke menu grup, lalu pilih Edit, Permissions, dan pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

3. Rekam Video Meeting 

Situasi di masa pandemi ini memang mengubah cara berkomunikasi. Saat ini, video conference menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melakukan komunikasi jarak jauh, baik untuk pekerjaan, sekolah, ataupun hanya sekedar mengobrol dengan teman.

Fitur serupa juga sudah ada di Telegram dan dapat dipakai para pengguna. Bahkan, pengguna dapat menjadwalkan rapat online melalui grup, termasuk merekam dan membagikannya kembali ke orang lain.

Cara menggunakan fitur ini, yaitu pengguna tinggal menekan tombol chat dan tekan tombol mikrofon. Namun sebelum menggunakan fitur ini, pastikan sudah memberikan izin pada aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4. Fitur Private Channel

Telegram juga memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa harus menerima respons dari para anggota di channel tersebut. Namun, fitur channel ini bisa diakses secara umum oleh publik.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan data atau pesan penting. Cara membuat Private Channel ini setiap perangkat memiliki Langkah yang berbeda. 

Berikut cara singkat mengaktifkan Private Channel di perangkat berbeda:

  • iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.
  • Android: Masuk ke tab Chats, klik simbol pensil dan pilih 'New Channel' dari daftar pilihan yang tersedia.
  • Desktop : Ketuk menu hamburger di sudut kiri atas dan pilih opsi New Channel.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya