Mengenal Satelit Alami Bumi dan Satelit Buatan Lengkap dengan Fungsi

Ilustrasi Satelit Alami Bumi
Ilustrasi Satelit Alami Bumi
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Satelit alami Bumi adalah Bulan, satelit sendiri merupakan sebuah benda luar angkasa yang tergolong dalam susunan tata surya. Satelit tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri dan selalu bergerak mengorbit planetnya.

Istilah satelit berasal dari bahasa Latin yakni ‘satelles’ yang mempunyai arti pelayan, atau seseorang yang patuh dan melayani pihak yang lain. Lalu, dalam istilah tata surya, satelit merupakan benda langit yang bergerak mengorbit pada sebuah planet.

Para ahli menyetujui bahwa planet yang teridentifikasi di alam semesta berjumlah delapan yang terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Namun, tidak semua planet mempunyai satelit, seperti planet Merkurius dan Venus. Nah, berikut ulasan mengenai satelit alami Bumi secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber.

Satelit Alami Bumi

Pengertian Satelit

Ilustrasi internet satelit.

Ilustrasi internet satelit.

Photo :
  • The Times

Berdasarkan situs resmi NASA, satelit merupakan benda yang mengorbit benda lain dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, terdapat banyak sekali satelit yang dibuat oleh manusia untuk mengorbit Bumi. Namun, sejak dulu Bumi telah diorbiti tanpa henti dengan Bulan.