9 Tips Masuk FYP dan Cara Viral di TikTok, Dijamin Makin Populer

Fitur terbaru dari Tiktok
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ingin video TikTok kamu viral? Simak tips masuk FYP dan cara viral di TikTok. Aplikasi TikTok merupakan aplikasi hiburan yang ditujukan untuk anak-anak muda yang kreatif.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Orang dewasa pun juga menikmati aplikasi ini dan tidak kalah kreatifnya dengan anak-anak muda. Meski di masa pandemi ini kamu jarang bepergian, kamu bisa membuat video kreatif dan mengunggahnya di TikTok.

Dengan begitu, video karya kamu akan mudah dikenali ketika sering membuat video lucu, bermanfaat, dan menarik.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Jika kamu pengguna baru, kamu perlu tau apa itu FYP. FYP Merupakan singkatan dari "For You" Page, FYP yaitu laman yang muncul saat pertama kali kamu membuka aplikasi tersebut. Laman ini menunjukkan konten-konten dari pengguna lain yang direkomendasikan untuk kamu.

Bagaimana cara agar video TikTok kamu bisa masuk ke FYP dan Viral? Berikut 7 tips agar FYP

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

1. Buatlah Video Original yang kreatif dan berkualitas tinggi


Agar video atau konten kamu memiliki ciri khas, kamu perlu membuat konsep sendiri dan original agar mudah dikenali oleh followers.

Kamu juga bisa menirukan orang lain, namun itu tidak menunjukkan bahwa kamu kreatif. Hal penting agar video kamu menarik juga dari faktor kualitas gambar yang diunggah.

Gambar yang jernih, diambil dengan angle yang bagus, dan memiliki warna menarik tentu lebih memikat audiens atau followers. 

Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Kamu bisa mengakalinya dengan editing videonya. Karena saat ini, aplikasi editing video sudah sangat mendukung untuk memperbagus sebuah gambar.

2. Ikutilah tren dan challenge yang sedang diminati pengguna TikTok

Tren TikTok memang tidak ada habisnya. Hampir setiap hari, ada hal baru yang populer dan viral di platform tersebut. 

Jika kamu ingin terkenal dan video kamu masuk beranda. Kamu harus bisa membaca tren tersebut. Dan juga sering ikut challenge-nya. Agar video kamu dilihat banyak orang.

Pilihlah tren yang sesuai dengan preferensimu dan buatlah karya yang lebih unik. Sebisa mungkin berikan sentuhan yang berbeda dengan video lainnya agar videomu lebih menonjol. 

3. Buatlah video yang relatable dan engaging 

Jika kamu ingin masuk ke FYP, penting untuk membuat video yang relatable dan engaging untuk orang lain. Pastikan orang lain bisa mengerti, memahami, dan mungkin mengalami hal yang sama denganmu.

Video seperti itulah yang biasanya mengundang banyak penonton. Dengan begitu, kesempatan untuk masuk FYP semakin besar. 

Kamu bisa membuat video tentang kehidupan sehari-hari, yang mungkin penonton lainnya juga merasakan hal yang sama.

4. Buatlah video yang singkat, jelas, dan menarik

Kebanyakan penggunan TikTok lebih menyukai video-video yang berdurasi pendek, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk swipe video lainnya.

Durasi video yang terlalu panjang bisa membuat pengguna TikTok bosan dan langsung swipe video sebelum videonya selesai, sehingga tingkat engagement video kamu berkurang.

Sebaiknya kamu juga menyertakan element of surprise atau buatlah penonton penasaran dengan video yang kamu buat agar mereka betah menontonnya. 

5. Kolaborasi atau Duet dengan Kreator Lain

Agar akun TikTok kamu semakin dikenal, buatlah konten kolaborasi dengan kreator TikTok lainnnya, bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Alangkah baiknya kamu berkolaborasi dengan selebtiktok yang sudah terkenal atau memiliki followers yang banyak.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat lho. Jika hasil duetnya menarik, maka akan mendapatkan banyak komentar, apalagi kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang kamu ajak duet.

6. Tambahkan hashtag di videomu

Kamu perlu memperhatikan caption dan hashtag agar video kamu bisa FYP. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk menemukan videomu di TikTok. 

Cantumkanlah tagar yang sedang populer agar TikTok bisa menambahkan videomu ke dalam FYP orang yang sedang mencarinya. 

7. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

Musik merupakan salah satu unsur penting untuk video TikTok. Kamu bisa memilih musik-musik viral yang sering lewat di beranda kamu ya.

TikTok ini menyediakan banyak pilihan musik dan kamu tidak akan terkena copyright saat menggunakannya. 
Tak hanya itu, menambahkan musik yang telah ramai digunakan ke dalam video TikTok juga bisa meningkatkan peluang videomu untuk difitur di dalam FYP. 

8. Lakukan interaksi dengan pengguna lain

Sebagai konten kreator, penting untuk "menengok" ke sekitarmu. Pastikan kamu berinteraksi dengan followers dan kreator lainnya. 

Interaksi tersebut bisa berupa memberikan likes, saling berbalas komentar, dan lain-lain. Dengan melakukan ini, orang-orang akan semakin mengenalmu dan tertarik untuk menonton karyamu. 

9. Upload Video di Jam Ramai (Prime Time)

Yang terakhir, kamu perlu mengetahui jam-jam yang paling ramai, dimana para pengguna sedang aktif membuka aplikasi TikTok.

Jika dalam satu hari kamu bisa membuat beberapa konten, kamu bisa masukkan kedalam draft terlebih dahulu sebelum diunggah. Ketika jam ramai, unggah video kamu yang sudah kamu buat tadi.

Khusus untuk Indonesia, jam ramai TikTok, atau biasa disebut TikTok prime time adalah pada siang hari pukul 12.00 - 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 - 17.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00 - 23.00 WIB.

Jam-jam tersebut merupakan jam istirahat, dan mereka memanfaatkan waktu membuka aplikasi TikTok sebagai hiburan.

Itulah beberapa tips agar video kamu bisa FYP dan viral di TikTok. Semoga berhasil, terus berkarya, dan jangan mudah menyerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya