Game Besutan Telkom Bikin Kejutan

Gedung Telkom Indonesia.
Gedung Telkom Indonesia.
Sumber :
  • www.telkom.co.id

VIVA – Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh pendapatan atau revenue sebesar US$1,74 miliar pada 2020, atau naik 32,7 persen (year on year/yoy). Pendapatan dari industri gaming dan eSports di Tanah Air diproyeksi akan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Indonesia, menurut Newzoo, juga menjadi salah satu pasar gaming terbesar di Asia Tenggara. Hal ini diperkuat oleh data yang menyebutkan, dari total 274,5 juta gamer di Asia Tenggara pada tahun ini, Indonesia berkontribusi sekitar 43 persen terhadap jumlah total.

"Dengan berkembangnya industri eSports di Indonesia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen, tapi juga mendorong para kreator game lokal bisa menghasilkan game yang bisa mendunia," kata Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid, Rabu, 13 Oktober 2021.

Telkom bersama anak usahanya, PT Melon Indonesia, terus mendukung pengembang game lokal di Tanah Air melalui program Indigo Game Incubation (Indigo). Dengan begitu, game buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional maupun global ke depannya.

PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports yang mana terdapat beberapa game popular yang dipertandingkan, salah satunya game lokal karya anak bangsa, yaitu Lokapala.

Adapun Lokapala merupakan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutan anak bangsa Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan PT Melon Indonesia sebagai pengembang.

Meskipun diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan game Lokapala patut menjadi catatan tersendiri karena dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat game karya anak bangsa di pentas prestisius nasional maupun kancah global.