Fitur Terbaru WhatsApp Kunci Pesan Cadangan dengan Password

WhatsApp.
Sumber :
  • Corriere

VIVA – Ada fitur terbaru WhatsApp dengan mengunci pesan cadangan menggunakan password untuk keamanan lebih terkendali.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Kini, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya yang memberikan lapisan keamanan untuk melindungi cadangan yang di simpan di google drive atau iCloud dengan enkripsi end-to-end.

Banyak pengguna yang ingin dapat mencadangkan chat mereka agar riwayat pesan dapat dipulihkan jika telepon mereka hilang atau ganti dengan yang baru.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Kunci Pesan Cadangan WhatsApp Dengan Password

Whatsapp.

Photo :
  • Freepik
WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Whatsapp telah mengumumkan fitur baru yang membuat pengguna bisa mengunci pesan yang dicadangkan (backup) dengan enkripsi dan dilindungi dengan password (kata kunci).

Sehingga, pesan cadangan yang sebelumnya tak dienkripsi itu hanya bisa dilihat oleh pengguna saja. Hal ini dilakukan perusahaan WhatsApp agar apa yang dibagikan pengguna di platformnya hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima pesan saja.

Untuk melindungi pesan cadangan yang terenkripsi ini, pengguna dapat membuat kata sandi atau kunci enkripsi sebanyak 64 digit.

Sehingga WhatsApp dan penyedia layanan cadangan tidak akan dapat membaca cadangan atau mengakses kunci yang diperlukan untuk membuka cadangan tersebut.

WhatsApp Tengah Mengerjakan Fitur Transfer Chat iOS ke Android 

WhatsApp.

Photo :
  • Pixabay

Selain itu, WhatsApp juga tengah menggarap fitur lain agar pengguna bisa memindahkan riwayat chat dari Android ke iOS atau sebaliknya. 

Karena diketahui, saat ini riwayat chat yang tersimpan di iCloud iPhone tidak bisa diakses jika pengguna beralih ke Android yang menyimpan cadangan di Google Drive. Hal ini juga berlaku bagi pengguna yang berpindah dari Android ke iPhone.

Nantinya, transfer riwayat obrolan ini bisa dilakukan secara langsung tanpa melalui WhatsApp, termasuk untuk pesan suara, foto, dan juga video.

Saat ini, fitur ini akan tersedia untuk perangkat Samsung yang menggunakan Android 10 atau versi yang lebih tinggi. Sementara perangkat Android lain akan menyusul kemudian.

Saat pengguna memasang WhatsApp di perangkat baru, pengguna akan diberikan pilihan untuk mentransfer riwayat pesan dari perangkat lama ke perangkat baru. Untuk pemindahan riwayat pesan ini perlu dilakukan dengan kabel USB-C ke Lightning.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya