Facebook Jadi Tukang Mata-mata

Facebook
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Facebook lagi mengobok-obok data pengguna. Media sosial milik Mark Zuckerberg ini tahu segalanya tentang aktivitas penggunanya, termasuk semua tempat yang baru saja mereka kunjungi.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Induk usaha WhatsApp, Instagram, serta Facebook Messenger itu memiliki peta tersembunyi yang terkait dengan riwayat lokasi di ponsel pengguna.

Mereka mengambil koordinat GPS dan merekamnya di dalam profil Facebook. Data ini ditampilkan di peta digital yang dapat diakses kapan saja. Baik pengguna yang menggunakan Facebook di iOS maupun Android.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) tersebut juga akan mencatat toko atau bisnis apa yang diyakini sudah dikunjungi pengguna dan kapan saja mereka berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti dilansir VIVA Tekno dari laman Metro, Jumat, 15 Oktober 2021.

Riwayat lokasi yang terlacak Facebook pun dapat diketahui pengguna. Kabar baiknya adalah pengguna bisa menonaktifkan pengaturan di aplikasi Facebook, dan jika bersedia, pengguna juga bisa menghapus seluruh riwayat lokasi.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Anda sebagai pengguna bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui serta mematikan peta tersembunyi milik Facebook.

Riwayat Lokasi disembunyikan di Submenu Profil Facebook. Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook, maka berikut cara menemukannya:

- Buka Facebook di iPhone atau Android dan ketuk tombol Menu yang direpresentasikan sebagai tiga garis horizontal.

- Kemudian, buka opsi Pengaturan dan Privasi dan ketuk opsi Pintasan Privasi.

- Ketuk opsi Kelola Pengaturan lokasi.

- Ketuk opsi Riwayat lokasi.

- Aktifkan dan nonaktifkan sakelar Riwayat Lokasi sesuai kemauan.

- Jika Anda ingin menghapus Riwayat Lokasi, lalu ketuk opsi Lainnya dan pilih Hapus Hari Ini atau Hapus Semua Riwayat Lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya