Hacker Bobol Server Acer

Hacker.
Hacker.
Sumber :
  • Auth0

VIVA – Raksasa teknologi asal Taiwan, Acer, sudah mengonfirmasi bahwa hacker atau peretas berhasil membobol sistem layanan purna jualnya di India. Sayang, Acer tidak membagikan secara detail lebih lanjut informasi tersebut.

Sementara itu, lembaga pengawas keamanan data privasi, PrivacyAffairs, telah berbagi berita tentang pelanggaran tersebut setelah menemukan data dari pelanggaran yang dilelang di sebuah forum populer.

“Pada posting forum tertanggal 13 Oktober, kelompok hacker bernama Desorden mengumumkan bahwa mereka telah meretas dan menembus server milik Acer di India,” kata Pendiri PrivacyAffairs, Miklos Zoltan, seperti dikutip dari situs Tech Radar, Jumat, 15 Oktober 2021.

Menurutnya, data yang dicuri tampaknya mencakup detail login dan informasi pengenal pribadi (PII) dari pengecer dan distributor Acer di India. Juru bicara Acer mengatakan setelah mendeteksi pelanggaran, anak perusahaannya di India segera memulai protokol keamanan.

Insiden tersebut telah dilaporkan ke aparat penegak hukum setempat dan telah memulai proses untuk memberi tahu semua pelanggan yang terkena dampak. Juru bicara Acer bersikeras bahwa insiden itu tidak memiliki dampak material terhadap operasi dan kelangsungan bisnis Acer mereka.

Acer
Photo :
  • Picante Today

Acer

Adapun Acer belum membagikan detail mengenai pelanggaran tersebut, namun PrivacyAffairs melaporkan bahwa kelompok hacker mengklaim pelanggaran tersebut mempengaruhi jutaan data pribadi pelanggan Acer.