Konsumsi Air Minum Seperti Apa untuk Jaga Imunitas Tubuh?

Minum air.
Minum air.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Air di dalam tubuh memiliki fungsi penting di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga membantu proses pencernaan.

Kurangnya konsumsi cairan bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan serta membuat beban kerja tubuh menjadi lebih berat. Sebab, sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari cairan, yang mana air di dalam tubuh membentuk sekitar 60 sampai 70 persen dari total berat badan.

Dehidrasi merupakan kehilangan cairan tubuh yang berlebihan karena penggantian cairan yang tidak cukup akibat asupan yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan terjadi peningkatan pengeluaran air.

Seiring semakin membaiknya pandemi COVID-19, masyarakat diharapkan jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga serta menjaga asupan makanan dan minuman.

Maka tidaklah heran jika penelitian yang dilakukan Indonesia Water Institute (IWI), Selasa, 19 Oktober 2021, menyatakan bahwa konsumsi air meningkat saat pandemi. Bagi tubuh manusia, air ibarat bahan bakar bagi kendaraan bermotor. Tanpa bahan bakar, kendaraan tidak akan bisa bergerak. Begitu pula tubuh kita, tanpa air juga akan mogok.

Karena itu, air disebut komponen vital tubuh manusia. Selain berfungsi menggerakkan sistem metabolisme tubuh, air juga berperan penting menjaga imunitas. Apalagi pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir, air menjadi kebutuhan pokok untuk melindungi dan menjaga tubuh dari serangan virus.

Minum air.

Minum air.

Photo :
  • Pixabay