Pengguna di Indonesia Bisa Menikmati Fitur 'Baru' WhatsApp

WhatsApp.
Sumber :
  • Instagram/@whatsapp

VIVA – WhatsApp baru saja memperbarui fitur panggilan di dalam grup, Joinable Calls, menjadi lebih terintegrasi ke grup obrolan. Seperti dikutip VIVA Tekno dari TechCrunch, Kamis, 21 Oktober 2021, fitur Joinable Calls terbaru dibuat agar pengguna lebih mudah bergabung ke panggilan grup yang sedang berlangsung di aplikasi mereka.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Setelah diperbarui, pengguna bisa memanggil grup WhatsApp dan bisa langsung bergabung dengan panggilan yang sedang berlangsung lewat grup tersebut. Panggilan akan muncul di daftar obrolan sehingga pengguna bisa mengetahui grup mana yang memiliki panggilan yang sedang berlangsung ketika membuka aplikasi.

Notifikasi yang muncul akan menyebutkan nama grup yang sedang memiliki panggilan video ini, bukan nama peserta yang ikut. WhatsApp memberikan nada dering yang lebih ringan untuk Joinable Calls, seperti saat mengirim atau menerima pesan.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Hanya orang-orang yang termasuk dalam grup yang bisa bergabung dengan panggilan tersebut. Fitur Joinable Calls sudah hadir di Indonesia sejak Juli tahun ini, berbeda dengan panggilan pribadi, pengguna tidak harus menjawab panggilan yang masuk.

Begini Cara Blokir WhatsApp tapi Profilnya Tetap Terlihat

WhatsApp.

Photo :
  • The Guardian

Selama panggilan tersebut masih berlangsung, pengguna bisa mengklik untuk ikut panggilan video itu. WhatsApp juga mengizinkan pengguna untuk keluar-masuk selama panggilan masih berlangsung. Berikut cara pakai fitur Joinable Calls di WhatsApp:

- Panggilan video atau video call di WhatsApp bisa menampung sampai dengan delapan orang. Saat menerima panggilan video grup, pengguna akan melihat notifikasi berisi peserta yang ikut pertemuan tersebut. Kontak yang pertama dicantumkan adalah orang yang menambahkan ke panggilan video.

- Klik gabung atau join untuk mengikuti panggilan video tersebut. Jika panggilan tersebut tidak terjawab atau menjadi "missed call", pengguna bisa melihat di tab history call atau panggilan.

- Jika panggilan video masih berlangsung, pengguna bisa mengetuknya untuk bergabung. Pengguna juga bisa keluar, kemudian bergabung lagi jika panggilan masih berlangsung.

- Fitur Joinable Calls di WhatsApp baru tersedia untuk sistem operasi Android minimal versi Jelly Bean 4.1.

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) kini tersedia untuk cadangan (backup) percakapan. Enkripsi ujung ke ujung pada cadangan data percakapan tersedia untuk aplikasi di iOS dan Android.

Aplikasi pesan instan milik Facebook itu sudah lama memberikan perlindungan berupa enkripsi ujung ke ujung, namun, baru sebatas pada percakapan. Dengan enkripsi itu, pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima, WhatsApp tidak bisa membaca isi pesan tersebut.

Fitur terbaru ini secara bertahap akan diberikan ke para pengguna, mereka harus menggunakan aplikasi WhatsApp versi terkini. Cadangan data percakapan WhatsApp disimpan di komputasi awan Google Drive atau iCloud bagi pengguna perangkat dari Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya