Cara Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital

Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, berupaya meningkatkan literasi digital lewat berbagai rangkaian talkshow dan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Salah satu rangkaian program tersebut dilaksanakan di Bali pada Oktober 2021, yang secara khusus menargetkan pelajar, guru, dan tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah dan Perguruan Tinggi Negeri.

Acara pertama Madrasah Makin Cakap Digital diadakan pada 19 Oktober, dilanjutkan dengan talkshow Literasi Keuangan Digital di Era Revolusi 4.0 pada 22 Oktober.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

"Pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta orang, dengan penetrasi internet sebesar 73,7 persen. Diperlukan pendidikan keterampilan literasi digital yang tepat, guna memastikan penggunaan yang etis, aman, dan optimal," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Pangerapan melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 22 Oktober 2021.

Dengan 3,4 juta orang atau sekitar 85 persen dari total populasi yang dianggap sebagai pengguna internet, Bali menunjukkan potensi yang tinggi dalam pemanfaatan kemajuan teknologi.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Namun, perubahan cepat di era digital menghadirkan tantangan tersendiri, khususnya bagi institusi pendidikan di Bali. Dengan banyaknya kasus kejahatan digital ditambah hoaks yang terus beredar, maka dibutuhkan strategi yang tepat agar terhindar dari hal-hal tersebut. Salah satunya lewat penerapan literasi digital di sektor pendidikan.

Ilustrasi orang menggunakan laptop dan tablet.

Photo :
  • Pixabay

Pemerataan literasi digital di sektor edukasi

Acara talkshow Madrasah Makin Cakap Digital diselenggarakan dengan format hybrid pada 19 Oktober 2021, dan dihadiri sekitar 1.000 peserta daring.

"Talkshow ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan komitmen kami dalam mendigitalkan madrasah di seluruh provinsi, dan menjadikan Bali sebagai contoh utama kota literasi digital di Indonesia," tutur Koordinator Literasi Digital Kemkominfo, Rizki Ameliah.

Kemenkominfo kemudian kembali menggelar talkshow di Bali bertajuk Literasi Keuangan Digital di Era Revolusi 4.0 pada 22 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya