Indonesia Punya Data Center Baru, Pakai Provider Submarine Cable

Data center.
Data center.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seiring perkembangan teknologi yang terus maju, semakin banyak bisnis yang beralih ke arah digitalisasi, mulai dari pemanfaatan sistem untuk efisiensi operasional hingga upaya peningkatan kepuasan pelanggan.

Digitalisasi di kehidupan sehari-hari juga turut mendorong peningkatan kebutuhan akan adanya fasilitas data center. Apalagi dengan populasi di Indonesia yang terus bertambah, serta semakin luasnya jangkauan internet.

Salah satu data center terbesar di Asia Tenggara, yaitu H2 Data Center yang baru saja beroperasi di bulan ini, merupakan salah satu gambaran potensi besar yang dimilliki Indonesia akan perkembangan bisnis data center.

H2 Data Center yang dioperasikan oleh PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur bersama PT DCI Indonesia Tbk, direncanakan dibangun menjadi sebuah komplek hyperscale data center dengan spesifikasi standar internasional.

Tidak hanya itu, H2 Data Center juga dibangun dengan konsep green data center menggunakan energi dari solar panel farm yang akan dibangun di area yang sama.

“Berangkat dari melesatnya digitalisasi Indonesia di dua tahun terakhir, komplek hyperscale data center dengan konsep eco-sustainable ini diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan bisnis dan penggunaan data di Indonesia, agar tidak tertinggal dengan negara lain di Asia Tenggara.” ujar Direktur DISM, Ricky Garyati melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 22 Oktober 2021.

Soft opening H2 Data Center.
Photo :
  • Istimewa

Soft opening H2 Data Center.