Indonesia Punya Data Center Baru, Pakai Provider Submarine Cable

Data center.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seiring perkembangan teknologi yang terus maju, semakin banyak bisnis yang beralih ke arah digitalisasi, mulai dari pemanfaatan sistem untuk efisiensi operasional hingga upaya peningkatan kepuasan pelanggan.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Digitalisasi di kehidupan sehari-hari juga turut mendorong peningkatan kebutuhan akan adanya fasilitas data center. Apalagi dengan populasi di Indonesia yang terus bertambah, serta semakin luasnya jangkauan internet.

Salah satu data center terbesar di Asia Tenggara, yaitu H2 Data Center yang baru saja beroperasi di bulan ini, merupakan salah satu gambaran potensi besar yang dimilliki Indonesia akan perkembangan bisnis data center.

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

H2 Data Center yang dioperasikan oleh PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur bersama PT DCI Indonesia Tbk, direncanakan dibangun menjadi sebuah komplek hyperscale data center dengan spesifikasi standar internasional.

Tidak hanya itu, H2 Data Center juga dibangun dengan konsep green data center menggunakan energi dari solar panel farm yang akan dibangun di area yang sama.

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

“Berangkat dari melesatnya digitalisasi Indonesia di dua tahun terakhir, komplek hyperscale data center dengan konsep eco-sustainable ini diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan bisnis dan penggunaan data di Indonesia, agar tidak tertinggal dengan negara lain di Asia Tenggara.” ujar Direktur DISM, Ricky Garyati melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 22 Oktober 2021.

Soft opening H2 Data Center.

Photo :
  • Istimewa

Salah satu penyedia jaringan internet yang digandeng untuk keperluan H2 Data Center, yakni Matrix NAP Info. Kehadiran mereka memungkinkan para pelaku bisnis untuk dapat menikmati berbagai layanan yang ditawarkan, serperti Matrix IPLC / EIPL, Matrix Line (local loop), baik via DWDM ataupun MPLS, Matrix Global IP Transit, dan Matrix Internet.

“Melalui kehadiran Matrix NAP Info sebagai provider submarine cable pertama di H2 Data Center, kami menyediakan sambungan langsung sampai ke Singapura dengan latensi terendah. Kami berkomitmen untuk memastikan skalabilitas layanan di H2 Data Center terjaga dan sesuai dengan kebutuhan digital masyarakat.” tutur Managing Director Matrix NAP Info, Thomas Dragono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya