Jangan Remehkan Tanda Tangan Elektronik

Tanda tangan digital.
Tanda tangan digital.
Sumber :
  • SmartData Collective

VIVA – Tanda tangan elektronik (digital signature) adalah bentuk digital dari tanda tangan basah atau analog yang digunakan untuk bertransaksi serta memberikan validasi pada pesan atau dokumen elektronik.

Berdasarkan definisi hukum yang tertera dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), tanda tangan digital merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi.

Selain itu, infrastruktur kunci publik (IKP) adalah implementasi dari berbagai teknik kriptografi yang bertujuan untuk mengamankan data, memastikan keaslian dan integritas data maupun pengirimnya, serta mencegah penyangkalan informasi sehingga tidak dapat dipalsukan atau digandakan.

Dengan demikian, sistem tanda tangan elektronik diharapkan mendukung digitalisasi di Indonesia yang aman dan berintegritas. Tekenaja! adalah penyedia jasa tanda tangan elektronik tersertifikasi atau Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di Indonesia yang juga meraih status Berinduk pertama kali dari Kominfo pada Januari 2021.

TekenAja! merupakan perusahaan patungan bersama GDP Venture yang mendukung gerakan digitalisasi di Indonesia terutama pada saat pandemi COVID-19 dan menghadapi new normal. TekenAja! telah melayani berbagai bank swasta maupun BUMN, perusahaan pembiayaan, fintech, maupun perusahaan swasta besar.

tanda tangan
Photo :
  • vstory

tanda tangan

Kepala Eksekutif TekenAja! Rionald A. Soerjanto berharap semakin banyak perusahaan dapat menggunakan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi, bukan hanya untuk mempermudah teknis acara, namun juga memberikan perlindungan hukum yang baik terhadap setiap dokumen yang ditandatangani dan mengurangi biaya operasional.