Bonus Demografi Tak Bisa Dihindari

Ilustrasi transformasi digital.
Ilustrasi transformasi digital.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada 2045, yaitu jumlah penduduk yang 70 persennya berusia produktif atau usia 15 hingga 64 tahun. Sementara sisanya 30 persen masuk kategori penduduk tidak produktif, atau usia di bawah 14 dan di atas 65 tahun.

Jika bonus demografi tidak dimanfaatkan dengan baik maka akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial seperti kemiskinan, kesehatan yang rendah, pengangguran, dan tingkat kriminalitas yang tinggi.

Bonus demografi menjadi peluang bagi Indonesia untuk memasuki transformasi digital jika kualitas sumber daya manusianya mumpuni sehingga akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi negara.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mendukung penguatan ekosistem digital Indonesia dalam mempromosikan seluruh potensi perdagangan, investasi bisnis, hingga pengembangan sektor pariwisata.

Selain menunjukkan kapabilitas sebagai penyedia layanan dengan dukungan jaringan digital yang merata seperti 4G/LTE dan juga pengembangan 5G, Hendri mengaku akan menghadirkan sejumlah portofolio bisnis berbasis platform digital yang telah dikembangkan hingga saat ini.

Telkomsel x Expo 2020 Dubai.
Photo :
  • Telkomsel

Telkomsel x Expo 2020 Dubai.

"Itu semua sejalan dengan tujuan untuk memajukan ekonomi kreatif dan transformasi digital di masa mendatang yang akan mendorong kesiapan Indonesia menyambut bonus demografi menuju generasi emas 2045," kata dia, Senin, 25 Oktober 2021.