Amerika Cuma Gertak Sambal ke China

Amerika Serikat (AS) vs China di luar angkasa.
Amerika Serikat (AS) vs China di luar angkasa.
Sumber :
  • Nikkei Asia

VIVA – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon dilaporkan sudah menguji coba rudal hipersonik. Alat utama sistem persenjataan utama atau alutsista itu dipastikan dipakai Amerika untuk menyerang China.

Sebelum menyerang target, rudal tersebut meluncur ke atmosfer atas dengan kecepatan lima kali kecepatan suara atau sekitar 3.853 mil (6.200 kilometer) per jam.

Dalam tes beberapa hari yang lalu, Angkatan Laut dan Angkatan Darat AS menguji coba prototipe komponen senjata hipersonik, di mana hasilnya menunjukkan 'keberhasilan yang bagus'.

Peluncuran rudal hipersonik AS ini sebagai respons Presiden Joe Biden yang berjanji akan turun tangan apabila China benar-benar menginvasi Taiwan yang tetap ngotot menjadi negara mandiri.

"Saya katakan bahwa China, Rusia, dan seluruh dunia tahu kalau militer Amerika terkuat dalam sejarah dunia. Saya juga yakinkan kalau Taiwan tidak perlu khawatir (dengan China)," kata Biden seraya memberi ancaman, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Express, Senin, 25 Oktober 2021.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden.
Photo :
  • Foreign Policy

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden.

Mendengar ancaman Biden, Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun secara meyakinkan menuduh Paman Sam mengambil tindakan berbahaya karena memimpin situasi di Selat Taiwan ke arah yang berbahaya.