9 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui, Sudah Coba Belum?

 Fitur rahasia WhatsApp
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Fitur rahasia WhatsApp mungkin belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Cara untuk mengaktifkan fitur rahasia ini terbilang cukup mudah bergantung pada masing-masing fitur. Kini, hampir seluruh pengguna ponsel memanfaatkan aplikasi WhatsApp salah satunya untuk berkomunikasi. Walaupun banyak kompetitornya, aplikasi WhatsApp ini lebih populer. WhatsApp sendiri telah menyediakan berbagai fitur supaya pengguna bisa mengoptimalkan aplikasi tersebut yang menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Beragam fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan dan mempunyai manfaatnya sendiri. Fitur tersebut bisa dimaksimalkan, baik untuk pengguna Android atau iPhone. Selain itu, aplikasi milik Facebook Inc ini sudah berevolusi guna mengintegrasikan banyak alat untuk menghubungkan jutaan pengguna di seluruh dunia. Tapi, tidak banyak yang mengetahui fitur rahasia WhatsApp apa yang bisa digunakan, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Fitur Rahasia WhatsApp?

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

1. Mengubah Bentuk dan Ukuran Tulisan

Fitur rahasia WhatsApp pertama yang harus diketahui adalah mengubah bentuk dan ukuran dari tulisan pesan. Kamu dapat membuat tulisan dengan bentuk tebal (bold), miring (italic), atau tercoret (strikethourgh). Untuk membuat tebal tulisan, kamu bisa mengapit kata yang dituju dengan dengan memakai tanda bintang (*). Kemudian, bila kamu ingin kata atau kalimat yang dimaksud terlihat miring, maka bisa diapit dengan tanda underscore (_). Sementara itu, bila kamu ingin tulisan dengan tanda coretan, apit kata atau kalimat yang dipilih dengan dengan tanda tilde (~).

Kisah Operasi Rahasia Jenderal Benny Moerdani, Borong 32 Pesawat Tempur dari Israel

Selain itu, bila kamu ingin mengubah ukuran huruf dalam tulisan yang ada di dalam aplikasi WhatsApp, kamu dapat membuka Setting, kemudian pilih Chats, dan kemudian pilih Font Size. Dalam menu tersebut, akan muncul beberapa pilihan ukuran yang dimulai dari kecil (small), sedang (medium), dan besar (large).

2. Menyembunyikan Status

Fitur rahasia WhatsApp berikutnya adalah menyembunyikan status dari beberapa kontak yang dipilih oleh kamu. Fitur ini bisa dibuat supaya para pengguna lebih nyaman dengan dengan privasinya. Untuk memakai fitur ini, masuk ke dalam aplikasi WhatsApp dalam kolom status. Kemudian pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, dan klik Status Privacy. Kemudian sesuaikan dengan kontak yang bisa melihat status kamu dengan pilihan yang tersedia. Mulai dari ‘My Contacts’, My cintact, except’, dan ‘Only share with’.

3. Menandai Pesan Penting

Fitur rahasia WhatsApp ini penting banget untuk kamu yang tidak mau ribet pada saat mencari pesan penting dalam daftar chat WhatsApp. Caranya cukup mudah, tekan lama pesan yang mau ditandai. Kemudian akan muncul beberapa opsi, pilih ikon bintang dan pesan akan tersimpan dengan sendirinya. Bila ingin melihat daftar pesan yang sudah ditandai, buka aplikasi WhatsApp kemudian pilih kolom Chats dan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.

Setelah itu, pilih Starred Messages. Seluruh pesan yang sudah ditandai akan muncul di sini yang diurutkan berdasarkan waktu diterimanya pesan. Fitur ini akan memudahkan kamu dalam mencari pesan-pesan penting, walaupun sudah diterima dalam jangka waktu yang lama.

4. Ekspor Percakapan

Untuk sebagian orang menyimpan pesan merupakan salah satu hal yang penting. Dengan fitur rahasia WhatsApp ini, kamu bisa mengekspor chat tersebut. Caranya cukup mudah hanya dengan membuka percakapan atau obrolan dan kemudian pilih tombol Menu. Setelah itu, pilih More dan pilih Export Chat.

5. Mengetahui Kontak yang Paling Sering Berkomunikasi

Tak banyak yang mengetahui fitur rahasia WhatsApp ini yang mana kamu dapat melihat siapa saja kontak yang paling sering berinteraksi. Untuk melihat fitur ini, kamu hanya perlu membuka menu settings dan memilih data and storage. Kemudian pilih manage storage. Setelah itu, akan muncul daftar kontak yang paling sering berkomunikasi dengan kamu. Bila ingin melihat lebih detail, klik kontak tersebut.

6. Mengamankan WhatsApp dengan PIN

Bila kamu mempunyai berbagai rahasia yang tersimpan di dalam aplikasi WhatsApp atau hanya tidak ingin ponsel dibuka sembarangan, amankan dengan mengaktifkan fitur PIN untuk membuka aplikasi WhatsApp. Caranya sangat mudah, buka menu Settings atau pengaturan, kemudian pilih Account, Two-step Verification, dan kemudian aktifkan PIN dengan cara membuat password.

7. Menyembunyikan keterangan Read atau Last Seen

Fitur rahasia WhatsApp selanjutnya adalah menyembunyikan keterangan Read dan Last Seen. Tapi, bila kamu mengaktifkan fitur ini, kamu juga tidak dapat menerima centang biru dari pesan yang dikirimkan ke ruang percakapan perorangan. Sementara untuk keterangan read dalam grup masih bisa terlihat dan kamu masih bisa melihat last seen pada kontak lain.

Untuk menyembunyikan keterangan centang biru dan last seen, buka Settings kemudian pilih Account dan Privacy. Setelah itu, aktifkan dan matikan keterangan centang biru atau Read dan Last Seen sesuai dengan keinginan.

8. Custom Notifikasi untuk Chat Khusus

Guna membedakan pesan yang masuk ke dalam ponsel, kamu dapat mengatur notifikasi khusus dalam setiap kontak. Contohnya keluarga, teman dekat, grup kampus, atau lain sebagainya. caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memilih menu ketika melihat obrolan. Setelah itu, pilih View Contact dan kemudian klik Custom Notification. Centang kotak dan selesaikan pengaturannya.

9. Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Media yang diterima dalam aplikasi WhatsApp seperti foto, video, atau dokumen, kadang akan membuat ruang penyimpanan semakin penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat fitur rahasia WhatsApp yang harus diketahui untuk menonaktifkan fitur download tersebut. Jadi, media yang dikirimkan hanya akan tersimpan bila kamu mengkliknya atau terhubung dengan WiFi saja. Caranya mudah, buka Settings dan pilih Data and Storage Usage. Kemudian pilih jenis media yang dapat didownload otomatis sesuai dengan koneksi internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya