Pengguna Telkomsel yang Belum Punya Rekening Bank Jangan Khawatir

Menara BTS Telkomsel.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Akselerasi perbankan digital serta sinergi dengan penyedia layanan teknologi bisa membuka peluang serta inklusi keuangan lebih luas lagi di Indonesia, terutama pada masa pandemi COVID-19.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

"Pandemi menghadirkan banyak tantangan sekaligus peluang dan inovasi, terutama di sektor ekonomi digital. Momentum ini akan berlanjut, mengingat banyak aktivitas yang berjalan di ruang digital. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga hiburan," ujar Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 28 Oktober 2021.

Ia melihat ekonomi digital, yang di dalamnya ada pemain seperti fintech dan bank digital, memiliki peluang baru untuk membuat banyak transformasi, terutama masyarakat yang digital native atau generasi yang sejak lahir sudah melek teknologi informasi.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Lebih lanjut, Wong mengatakan peluang ini juga bukan tanpa alasan. Selain banyaknya pemain di sektor teknologi dan keuangan digital, ia memaparkan sebanyak 51 persen populasi di Indonesia tidak memiliki rekening bank (unbanked). Namun, mayoritas dari mereka memiliki ponsel pintar (smartphone).

"Ini kesinambungan yang menarik. Maka dari itu, mereka harus punya akses keuangan. Kami bisa memberikan akses fasilitas perbankan, mengingat mereka kan memiliki smartphone. Jadi, mereka bisa mengakses dan menikmati layanan perbankan dari ponsel," tutur Wong.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Redi x Blu.

Photo :
  • Telkomsel

Operator telekomunikasi pelat merah itu menyediakan layanan aplikasi dari Telkomsel Mobile Banking bernama Telkomsel Redi. Aplikasi ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat mengakses rekening bank miliknya melalui ponsel.

"Telkomsel Redi adalah aplikasi digital yang diharapkan bisa membawa akses ke fasilitas perbankan. Kami berharap untuk membawa fasilitas bank ke masyarakat (unbanked) ini, karena mereka punya kapabilitas untuk online," paparnya, mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama, Senior Vice President Digital Advertising and Digital Banking Telkomsel Ronny W Sugiadha mengaku ingin membentuk ekosistem transaksi digital yang terintegrasi dan memberikan kenyamanan bagi pengguna.

"Potensinya luar biasa. Bagaimana kita bisa membuat ekosistem untuk memudahkan pengguna yang belum miliki rekening bank. Bagi mereka yang sudah punya rekening bisa langsung menikmati layanan dengan mudah," jelasnya.

Namun, Ronny mengatakan, penting bagi pemain-pemain di ekosistem ini untuk berkolaborasi bersama demi mewujudkan ekosistem keuangan digital yang lebih inklusif dan berdampak positif bagi perekonomian nasional. "Zaman sekarang, kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri, tapi berpartner, kolaborasi," ungkap dia.

Telkomsel, melalui layanan Redi dan BCA Digital lewat Blu berkolaborasi untuk mengintegrasikan layanan keuangan digital lebih luas guna membuka peluang akselerasi gaya hidup dan keuangan inklusif.

Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan perbankan Blu dari aplikasi Telkomsel Redi, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening Blu, cek saldo, melakukan transaksi secara aman berkat integrasi nomor ponsel pengguna, serta beragam promo dan reward ekslusif untuk pengguna.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pengguna yang ingin menikmati kolaborasi layanan tersebut, Telkomsel memberikan kuota data sebesar 10GB dan BCA Digital memberikan bonus saldo Rp50 ribu bagi nasabah yang membuka rekening melalui redixblu dalam periode promo, yaitu 28-31 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya