Bangun Command Center, Kota Bima Wujudkan Konsep Smart City

Ilustrasi smart city.
Sumber :
  • cimconlighting.com

VIVA – Penerapan smart city (kota pintar) di Indonesia menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini sebagai langkah mewujudkan terciptanya sistem yang mempercepat pelayanan dan birokrasi di wilayah tersebut.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Lintasarta sebagai perusahaan yang bergerak dibidang Information and Communications Technology (ICT) turut andil dalam pembangunan Command Center Kota Bima.

Pembangunan Command Center di Kota Bima saat ini dilakukan untuk mengintegrasikan data pelaporan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelaporan masyarakat di setiap kelurahan.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Untuk mengakomodasi pembangunan Command Center tersebut, Lintasarta akan melakukan penarikan Fiber Optic (FO) antar OPD di kota Bima dan memberikan layanan jasa Internet di setiap kelurahan di Kota Bima.

“Lintasarta terus berkomitmen membantu penerapan digitalisasi di berbagai bidang dalam rangka mewujudkan smart city, salah satunya turut serta dalam pembangunan Command Center diberbagai wilayah, termasuk Kota Bima,” kata Baginda P.H. Simbolon, General Manager East Indonesia Regional Lintasarta.

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN


“Dengan adanya Command Center, diharapkan Kota Bima dapat mengintegrasikan aplikasi dan data yang ada di masing-masing OPD sehingga seluruh data tersebut terawasi pada sistem yang diaplikasikan di Command Center,” jelasnya.

Lebih lanjut Baginda menuturkan Lintasarta tidak berhenti hingga Command Center diresmikan. Namun, Lintasarta akan terus memberikan dukungan lain yang dapat meningkatkan kinerja Command Center agar lebih luas untuk membantu pemerintah setempat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai pusat kendali layanan informasi di Kota Bima, Command Center yang diresmikan dan mulai beroperasi pada 23 Agustus 2021 tersebut dilengkapi dengan 16 layanan di antaranya adalah website perangkat daerah yang terintegritas, aplikasi e-lapor, informasi kesehatan, Bima Life, layanan kepegawaian, dan lain-lain.

Peresmian dilaksanakan di area ruang rapat kantor Wali Kota Bima, dengan memaparkan sejumlah fitur yang dimiliki guna mendukung penerapan smart city di Kota Bima. Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, sejumlah pejabat dari Kota Bima dan Provinsi NTB, serta jajaran manajemen Lintasarta.

Diresmikannya Command Center menambah panjang daftar peran Lintasarta dalam rangka menyukseskan pelaksanaan digitalisasi serta memperkuat masa depan negeri lewat teknologi dan informasi terkini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya