Moeldoko Siap Ambil Langkah untuk Kedaulatan Digital di Indonesia

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berdiskusi bersama jurnalis di Malang, Jawa Timur, Jumat, 12 November 2021.
Sumber :
  • KSP

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan akan mengambil langkah bagi kedaulatan digital di Indonesia.

Pemilu 2024 Terancam Hoaks, Lawannya Lewat Kolaborasi

"Perlu ada keterlibatan teman-teman media untuk bersama-sama Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) menyusun regulasi sebagai acuan untuk memitigasi risiko," kata dia, dalam diskusi bersama jurnalis di Malang, Jawa Timur, Jumat, 12 November 2021.

Ia memandang pentingnya perlindungan data bagi sebuah bangsa. Karena, melindungi informasi masyarakat erat kaitannya dengan komitmen mewujudkan kedaulatan digital di tengah dinamika teknologi yang lagi berkembang pesat.

Perangi Hoaks Jelang Pemilu 2024 dengan Cek Fakta: Kolaborasi untuk Keberlanjutan Informasi Sehat

Pada kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Times Indonesia Yatimul Ainun mengatakan kedaulatan digital di Indonesia harus segera diwujudkan. Sebab, saat ini ketidakjelasan regulasi menyebabkan maraknya hoax atau berita bohong.

"Ini sangat butuh perhatian khusus pemerintah. Karena, saat ini banyak media online justru berorientasi kepada berita sensasional, bahkan hoax," ungkap pria yang juga pendiri Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Total AMSI Beri Pelatihan Cek Fakta Pada 150 Media di Solo

Menurut Ainun, selama ini media sudah bekerja sangat luar biasa menghasilkan karya jurnalistik yang kredibel.

Tapi, konten tersebut dicaplok begitu saja oleh penguasa data dan informasi seperti Google. "Pemerintah harus tegas. Apa kontribusi google ke media mainstream. Ini jadi ancaman berat," tegas Yatimul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya