Penampakan Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia

Gerhana Bulan Sebagian.
Sumber :
  • LAPAN

VIVA – Fenomena Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada Jumat hari ini, 19 November 2021 telah mencapai puncaknya pada pukul 16.02 WIB/17.02 WITA/18.02 WIT.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Lama waktunya hingga 3 jam 28 menit dan 24 detik saat satelit alami Bumi itu melewati bagian tergelap bayangan Bumi (umbra) yang menjadikannya Gerhana Bulan Parsial terpanjang sejak 1441 dan terpanjang di abad ini.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN melakukan live streaming di Biak, Papua. Suasana saat itu juga terlihat cerah. Wilayah Indonesia paling timur itu juga akan mengalami Gerhana Bulan Sebagian paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Gerhana Bulan Sebagian.

Photo :
  • LAPAN
Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Sebelum puncaknya, Bulan berubah menjadi warna merah darah. Lima menit setelah itu Bulan akan bergerak keluar dari umbra Bumi dan tidak akan lagi tampak kemerahan.

Warna merah ini akan memudar seiring jauhnya waktu puncak. Saat itu Bulan akan tampak seperti digigit. Gerhana Bulan Sebagian terlama yang pernah di alami di Tanah Air terjadi pada 15 September 1932 dengan durasi 3 jam 24 menit, dan pada 12 Mei 1982 dengan durasi 3 jam 26 menit.

Fenomena akan kembali terulang pada 14 Agustus 2231 dengan durasi 3 jam 27 menit dan terulang lagi pada 17 Juli 2373 dengan durasi 3 jam 23 menit. Peristiwa terjadi ketika Bumi melewati antara Matahari dan Bulan melemparkan bayangannya ke Bulan.

Gerhana Bulan Sebagian.

Photo :
  • LAPAN

Bulan tidak menjadi benar-benar gelap seperti saat Matahari yang terhapus selama Gerhana Matahari total. Sebaliknya, beberapa sinar Matahari membelok melalui atmosfer Bumi memberi Bulan cahaya merah yang menakutkan.

Gerhana Bulan Sebagian ini akan mendekati Gerhana Total, di mana lebih dari 97 persen Bulan Purnama berubah menjadi rona merah oleh bayangan Bumi. Pada puncaknya hanya sebagian kecil Bulan di sudut kiri bawah yang akan tetap menyala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya