Logo BBC

Instagram Diselidiki karena Bisa Sebabkan Depresi dan Bunuh Diri

Media sosial Instagram dituduh melanggar undang-undang perlindungan konsumen di AS. BBC Indonesia
Media sosial Instagram dituduh melanggar undang-undang perlindungan konsumen di AS. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat sedang menyelidiki cara Instagram menargetkan anak-anak dan memicu risiko buat mereka.

Sejumlah negara bagian itu, baik yang dikuasai oleh Demokrat maupun Republik, sedang menyelidiki Instagram dan perusahaan induknya, Facebook Meta, untuk menentukan apakah mereka melanggar undang-undang perlindungan konsumen.

Penyelidikan itu terjadi setelah mantan manajer Facebook bersaksi di Kongres AS bahwa perusahaan itu sebenarnya tahu "produknya dapat membahayakan anak-anak".

Seorang juru bicara Meta, pada Kamis (18/11), membantah bahwa platform mereka tidak sehat.

Jaksa Agung Massachusetts, Maura Healey, yang pertama kali mengumumkan penyelidikan, mencuit, "Facebook, atau Meta, telah mengetahui bahwa Instagram bisa menyebabkan depresi, gangguan makan, dan bunuh diri di kalangan anak muda."

"Kami akan memeriksa apakah ada undang-undang yang dilanggar dan kami akan mengakhiri penyalahgunaan itu demi kebaikan bersama."

Jaksa Agung Nebraska, Doug Peterson, seorang Republik, mengatakan bahwa perusahaan tersebut "memperlakukan anak-anak hanya sebagai komoditas untuk dimanipulasi, demi meningkatkan waktu layar yang lebih lama dan ekstraksi data".