Pandemi COVID-19 Bikin Transformasi Digital 7 Tahun Lebih Cepat

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan pandemi COVID-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai bidang. Dengan hadirnya industri 4.0, memberikan peluang yang besar, namun sekaligus menjadi tantangan untuk Indonesia.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

“COVID-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai bidang, baik dalam kehidupan masyarakat maupun industri. Kita semua harus memastikan bahwa talenta-talenta Indonesia siap untuk mengisi lapangan kerja baru di era industri 4.0," kata dia, Senin, 22 November 2021.

Menurut Erick, pasar Indonesia sangatlah besar. Oleh karena itu, transformasi digital di lingkungan BUMN saat ini merupakan sebuah keharusan. Indonesia harus menjadi tuan rumah di negara sendiri termasuk sektor industri maupun teknologi dan digital, di mana semua digunakan untuk pertumbuhan bangsa.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"Dengan adanya kegiatan sinergi untuk negeri, saya berharap dapat menjadi sarana pengenalan teknologi dan produk terbaru kepada masyarakat luas yang dimiliki oleh BUMN, khususnya Telkom dan Telkomsel," jelasnya.

Telkomsel berupaya mengakselerasi transformasi digital yang menyeluruh dan berkelanjutan di lingkungan dan anak usaha BUMN, serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di bawah binaan Rumah BUMN maupun Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM).

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam terus berupaya mendorong pemanfaatan ragam solusi platform dan layanan digital yang berada di dalam ekosistemnya. Ia juga berupaya untuk terus memperkenalkan solusi dan layanan digital di ekosistem Telkomsel yang terintegrasi, andal, dan komprehensif.

Pandemi COVID-19 turut mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju transformasi digital tujuh tahun lebih cepat. Hal ini tentu sebagai peluang dan ruang untuk mentransformasi digital secara menyeluruh, khususnya UMKM sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia.

Ia sangat yakin bahwa digitalisasi akan membawa peluang yang sangat besar bagi bangsa untuk dapat meningkatkan daya saing secara cepat dan efisien di berbagai bidang, seperti ekonomi, edukasi dan kesehatan, sehingga pada akhirnya Indonesia dapat melompat atau sejajar dengan negara maju dunia lainnya dalam waktu yang singkat.

"Kami juga siap membantu akselerasi transformasi digital di lingkungan BUMN dan UMKM secara berkelanjutan dalam pengembangan bisnis yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional," ungkap Hendri.

Kegiatan sinergi untuk negeri merupakan ajang expo virtual yang hadir dengan tiga program utama, yakni Virtual Exhibition, Virtual Sales Program, dan Webinar yang digelar pada 22 November hingga 31 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya