Industri Bir Ikut Menyelamatkan Bumi

Minuman bir.
Minuman bir.
Sumber :
  • Newsweek

VIVA – Tren menyelamatkan dunia mulai diikuti oleh industri bir. Para pecinta bir sering kali tidak menyadari dampak negatif minuman beralkohol itu terhadap lingkungan.

Produsen bir terkemuka Young Henrys mengaku sudah berhasil menemukan formula untuk secara efektif membalikkan perubahan iklim dan menyelamatkan Bumi.

Para ahli mengatakan bahwa jumlah karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari fermentasi bunga hops untuk membuat enam bungkus bir akan membutuhkan waktu dua hari untuk diserap oleh pohon biasa.

Menyadari betapa lambatnya penyerapan alami itu, maka Young Henrys beralih ke komunitas ilmiah untuk mencari cara mempercepat prosesnya.

Bekerja dengan tim ilmuwan dari University of Technology, Sydney Climate Change Cluster (C3), mereka menyiapkan dua bioreaktor 400 liter yang diisi hingga penuh dengan triliunan mikroalga, yang menyerap CO2 dan mengubahnya menjadi oksigen (O2) seperti yang dilakukan pohon.

Tapi itu hanya tentang di mana kesamaan berakhir. Di mana satu pohon membutuhkan dua hari untuk menyerap CO2 dan mengubahnya menjadi O2.

Sementara satu bioreaktor yang penuh dengan mikroalga mampu menghasilkan oksigen yang cukup untuk menyaingi dua hektare lahan semak.