Perkembangan Teknologi Tak Hanya di Informasi dan Komunikasi

Ilustrasi laboratorium.
Ilustrasi laboratorium.
Sumber :
  • Freepik/pressfoto

VIVA – Teknologi terus berkembang dan menyentuh semua bidang. Hal ini tidak berlaku di bidang informasi dan komunikasi saja, namun juga teknologi di bidang lainnya, termasuk teknologi di bidang pangan.

Kepala Jurusan Food Science and Nutrition Indonesia International Institute for Life Sciences, Siti Muslimatun mengatakan bahwa banyak keuntungan yang diperoleh dari mempelajari Ilmu pangan dan gizi.

Contohnya perusahaan industri makanan dan minuman, yang membutuhkan ahli untuk menganalisis kandungan gizi dari produk yang dihasilkan atau di bagian penjaminan serta pengendalian mutu.

Instansi pemerintah juga memerlukan tenaga dari bidang ilmu pangan dan gizi dalam kegiatan penetapan standar, inspeksi pangan, survei serta penyuluhan dan komunikasi kepada masyarakat umum.

ilustrasi kuliah sambil kerja. Sumber gambar: pexels.com
Photo :
  • U-Report

ilustrasi kuliah sambil kerja. Sumber gambar: pexels.com

“Ilmu pangan lebih dari sekadar apa yang kita masukkan ke dalam tubuh, tapi juga mempelajari dan menemukan cara untuk memastikan bahwa apa yang kita makan dalam keadaan aman,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 23 November 2021.

Siti menjelaskan, ilmu gizi adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya gizi pada kehidupan manusia, hubungan antara diet dan gaya hidup, pemahaman tentang asupan dan penyediaan informasi, asupan atau makanan yang mengandung kandungan zat gizi yang tinggi, dan pola makan sehat.