Jangan Lengah Jaga Aset Perusahaan dari Serangan Siber

Ilustrasi serangan hacker atau siber.
Sumber :
  • Science News

VIVA – Semakin masifnya transformasi digital saat ini membuat berbagai perusahaan, termasuk perbankan terus berlomba-lomba melakukan perubahan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Driver Ojol juga Bisa Mudik Lebaran Gratis

Salah satu upaya transformasi digital adalah mengimplementasikan teknologi Internet of Things (IoT).

PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel meluncurkan IoT Sphere, solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan pada jaringan pelanggan, serta menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan di berbagai sektor, termasuk perbankan.

Telkomsel Resmi Punya Layanan eSIM

"Kami berupaya membuat aset IoT perusahaan tetap aman dari berbagai potensi serangan siber seperti virus maupun gangguan serupa lainnya, karena dilengkapi sistem mitigasi yang mampu mendeteksi potensi ancaman siber secara otomatis dan real-time," ujar VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manulang, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 24 November 2021.

Telkomsel IoT Sphere memiliki sejumlah fitur unggulan yang fokus menjaga keamanan aset IoT perusahaan. Berbagai fitur unggulan tersebut meliputi Just on Click, Security and Threats Protection, Device Agnostic, dan Routing & Filtering.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Fitur Just on Click misalnya, membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.

Lalu, Security and Threats Protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Telkomsel IoT Sphere.

Photo :
  • Telkomsel

Ada fitur Device Agnostic, yang memungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif.

Kemudian, Routing & Filtering yang memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga.

"Kami ingin konsumen di segmen enterprise dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa adanya kekhawatiran serangan siber yang dapat merusak aset dan mengganggu produktivitas perusahaan,” jelas Alfian.

Untuk sektor perbankan, lanjut dia, bisa memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber seperti phishing maupun ancaman lainnya.

Lalu, kantor pelayanan publik seperti Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) hingga startup dompet digital juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif, serta meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin Electronic Data Capture (EDC).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya