Jangan Lengah Jaga Aset Perusahaan dari Serangan Siber

Ilustrasi serangan hacker atau siber.
Ilustrasi serangan hacker atau siber.
Sumber :
  • Science News

VIVA – Semakin masifnya transformasi digital saat ini membuat berbagai perusahaan, termasuk perbankan terus berlomba-lomba melakukan perubahan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Salah satu upaya transformasi digital adalah mengimplementasikan teknologi Internet of Things (IoT).

PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel meluncurkan IoT Sphere, solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan pada jaringan pelanggan, serta menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan di berbagai sektor, termasuk perbankan.

"Kami berupaya membuat aset IoT perusahaan tetap aman dari berbagai potensi serangan siber seperti virus maupun gangguan serupa lainnya, karena dilengkapi sistem mitigasi yang mampu mendeteksi potensi ancaman siber secara otomatis dan real-time," ujar VP Internet of Things Telkomsel Alfian Manulang, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 24 November 2021.

Telkomsel IoT Sphere memiliki sejumlah fitur unggulan yang fokus menjaga keamanan aset IoT perusahaan. Berbagai fitur unggulan tersebut meliputi Just on Click, Security and Threats Protection, Device Agnostic, dan Routing & Filtering.

Fitur Just on Click misalnya, membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail.

Lalu, Security and Threats Protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.