Mengenal Teknologi Meterai Elektronik dan Cara Belinya

Ilustrasi meterai elektronik
Sumber :
  • Dok: e-meterai

VIVA – Mulai 1 Oktober kemarin, Kementerian Keuangan telah mengizinkan peredaran meterai berwujud elektronik. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Salah satu perusahaan yang resmi ditunjuk PT Peruri Digital Security untuk pendistribusian meterai elektronik itu, yakni PT Digital Sejahtera atau Digiprimatera.

Kerja sama ini merupakan wujud komitmen dan integritas Digiprimatera sebagai penyedia layanan transformasi digital, untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan layanan keamanan digital lainnya.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Peresmian kerja sama ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Digiprimatera, Adios Purnama dan Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar.

Kerja sama distribusi meterai elektronik antara PDS dan Digiprimatera

Photo :
  • Istimewa
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

“Pandemi COVID-19 mendorong percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya pada pendistribusian dokumen elektronik sehingga banyak transaksi yang juga beralih pada platform digital," ujar Adios melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 25 November 2021.

Adios menjelaskan, Digiprimatera merupakan perusahaan yang telah berpengalaman menyediakan layanan digital transformation, dan kerja sama ini menjadi bukti perusahaan dalam mendukung digitalisasi pada berbagai sektor, khususnya dalam transformasi dokumen.

"Nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 27001:2013 tentang penyediaan layanan e-commerce, platform digital dan aplikasi lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Tetty mengatakan bahwa nantinya Direktorat Jenderal Pajak Bersama Perum Peruri melalui PDS akan melakukan pendistribusian, edukasi, dan penyampaian informasi kepada masyarakat dalam penggunaan e- meterai ini. 

"Meterai elektronik akan meningkatkan pengalaman permeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat," kata Tetty. 

Meterai elektronik ini dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan. Pertama OVERT, di mana 70 persen desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda setiap meterai. 

"Kedua COVERT, Peruri seal hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari Peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader. Ketiga, dengan pembuktian oleh Peruri," jelasnya. 

Digiprimatera, lanjut Tetty akan menjadi penyedia layanan pembelian e-meterai melalui plaform DIMENSY dan produk-produk digital security lainnya seperti Digital Signature, Digital Certificate, Digital Stamps dan KEYLA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya