Merangsang Otak Anak Lewat Aplikasi

Aplikasi Monkey Stories.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Setiap anak memiliki daya imajinasi dan kreativitas, di mana tingkat curiosity atau rasa ingin tahu mereka cukup tinggi, sehingga anak akan mudah bosan pada metode belajar textbook. Aplikasi Monkey Stories menyuguhkan sebuah metode pembelajaran dengan tema 'Interactive Stories & Games for Kids'.

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Banjir Keluhan, Ini Respons Penyelenggara

Ini adalah metode mendengarkan atau membaca cerita bergambar (comic book), di mana konten sudah dikemas dengan tema dan level yang berbeda serta disesuaikan dengan umur dan kemampuan anak atau penggunanya.

Dengan metode tersebut, pengguna dapat mengikuti pembelajaran dengan tingkat dan kecepatannya akan pelajaran yang sesuai. Utamanya, anak-anak akan diajarkan untuk mengembangkan secara komprehensif empat kemampuan bahasa Inggris, yakni Reading, Writing, Listening, dan Speaking.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Banyak orangtua saat ini sudah memahami peran pembelajaran bahasa Inggris bagi anak. Namun, tidak semuanya tahu harus mulai dari mana untuk membantu anak-anak belajar di setiap tahapnya. Berikut tahapan belajar bahasa Inggris, menurut Aplikasi Monkey Stories, Kamis, 25 November 2021, untuk orangtua yang memiliki anak usia 0-15 tahun:

Aplikasi Bersih-bersih Sampah di HP, Nomor 1 hingga 3 Familiar

Ilustrasi belajar bahasa Inggris.

Photo :
  • U-Report

Usia 0-6 tahun

Pada usia ini, kosakata adalah masukan atau input yang paling penting. Usia 0-6 tahun dianggap sebagai masa emas perkembangan otak pada anak. Para ilmuwan menggambarkan otak anak pada tahap ini seperti "spons", yang mampu menyerap berbagai pengetahuan.

Ini juga merupakan waktu yang tepat bagi anak Anda untuk belajar bahasa Inggris. Di mana, kosakata adalah sebuah fondasi dasar bagi anak-anak dalam perjalanan mereka untuk belajar bahasa Inggris.

Orangtua seharusnya tidak mengharapkan anaknya untuk segera bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik atau mahir mempelajari struktur tata bahasa. Selain itu di usia dini, anak mudah merasa bosan, sehingga metode yang dipilih orangtua dalam mengajar anaknya juga harus tepat.

Nah, orangtua juga bisa memperkenalkan bahasa Inggris untuk anak-anak dengan Monkey Junior, aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak pemula.

Monkey Junior menggabungkan banyak metode pendidikan awal seperti metode Tukar Kartu Cepat Glenn Doman (Flash Card), pembelajaran phonics, metode Multisensori, dan metode belajar sambil bermain, dengan menciptakan suasana belajar yang menggembirakan bagi anak-anak.

Dengan aplikasi ini, orangtua hanya perlu membiasakan anak untuk belajar satu pelajaran saja, atau setara 10-15 menit per hari, dan anak-anak dapat menguasai lebih dari 1.000 kosakata bahasa Inggris per tahun.

Usia 4-10 tahun

Dalam usia ini, setelah mereka mempelajari kosakata tertentu, dengan tujuan agar pembelajaran bahasa Inggrisnya lebih maju dengan mengembangkan empat keterampilan, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Kini, solusi alternatif yang bisa diambil dengan biaya lebih murah namun tetap sangat efektif agar anak tetap bisa belajar secara konsisten setiap hari adalah aplikasi dengan pembelajaran komprehensif, seperti Monkey Stories.

Mempunyai lebih dari seribu komik interaktif dengan 4 level serta 11 tema dan lebih dari 300+ buku audio dengan suara pembaca bahasa Inggris Amerika, Monkey Stories tidak hanya membantu anak-anak mempraktikkan empat keterampilan secara komprehensif tetapi juga menambah pengetahuan di banyak bidang kehidupan untuk anak.

Usia 10-15 tahun

Pada tahap ini, anak akan lebih fokus pada belajar grammar, berlatih berbicara dengan guru, memberikan presentasi, menulis esai pendek, hingga membaca buku.

Setelah anak memiliki kosakata dan refleks alami untuk empat keterampilan, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, pada usia ini, anak-anak akan fokus pada poin-poin tata bahasa menengah dan lanjutan untuk menyempurnakan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya