Kedigdayaan TikTok Bikin Dubsmash Cuma Bertahan 7 Tahun

Dubsmash Vs TikTok.
Sumber :
  • Screen Rant

VIVA – Kedigdayaan TikTok makan korban. Adalah Dubsmash, anak usaha Reddit, yang resmi ditutup pada 22 Februari 2022.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Pengumuman ini muncul kurang dari satu tahun setelah Reddit mengakuisisi platform video mirip TikTok itu dengan nominal yang tidak diungkapkan pada 13 Desember 2020.

Dusmash diciptakan oleh Jonas Drüppel, Roland Grenke, danDaniel Taschik asal Jerman pada 14 November 2014. Sementara TikTok muncul ke publik di bawah ByteDance Technology pada September 2016.

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Artinya, Dubsmash hanya mampu bertahan 7 tahun sampai akhirnya tumbang pada awal tahun depan.

Dengan demikian, Dubsmash tidak akan bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play. Namun, ambisi untuk menyaingi TikTok tetap ada.

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Sebagai gantinya, Reddit akan mengintegrasikan fitur-fitur Dubsmash ke dalam aplikasi agregator berita Amerika Serikat (AS) tersebut.

Menurut Reddit, tim Dubsmash telah bekerja untuk menggabungkan alat pembuatan video ke dalam Reddit.

Ini bertujuan untuk memberdayakan pembuat Reddit mengekspresikan diri dengan cara orisinal, seperti dikutip dari laman Engadget, Jumat, 26 November 2021.

Sebagai bagian dari integrasi, Reddit telah meluncurkan alat pembuatan video baru. Fitur kamera baru termasuk kemampuan untuk mengubah kecepatan perekaman dan pilihan mengatur timer.

Sekarang pengguna bisa mengunggah video mode lanskap, potret, menyesuaikan, dan memangkas beberapa klip. Perusahaan juga menambahkan layar penyuntingan baru yang mencakup stiker, alat menggambar, dan filter.

Tutupnya Dubsmash kemungkinan akan mempengaruhi beberapa bintang kulit hitam dan latin yang populer di platform itu. Pada akhir 2020, Reddit mencatat 25 persen dari semua remaja kulit hitam di Amerika Serikat (AS) yang menggunakan platform tersebut.

Pada Agustus 2021, Reddit meluncurkan fitur umpan video untuk pengguna iOS seperti TikTok. Saat disajikan, pengguna dapat memberikan respons, seperti berkomentar, memberikan penghargaan, atau membagikannya.

Peluncuran umpan video datang ketika fitur Reels Instagram dan alat Spotlight Snapchat mendapatkan daya tarik.

Konten video melonjak di Reddit hingga 30 persen dalam pertumbuhan penonton video aktif harian. Aplikasi ini juga mengalami peningkatan 50 persen dalam penayangan video pendek.

Perlu diketahui, Reddit pertama kali meluncurkan platform video pada 2017 yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah file MP4 dan MOV ke situs.

Kemudian, pada Agustus 2019, Reddit meluncurkan Reddit Public Access Network (RPAN) yang memungkinkan pengguna melakukan streaming langsung ke subreddit tertentu.

Sekarang Reddit telah menyelesaikan integrasi Dubsmash miliknya. Tidak mengherankan jika Reddit ingin mengumpulkan lebih banyak pengguna dengan meluncurkan alat pembuatan video baru untuk terus bersaing dengan Tiktok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya