Anak Petani Bisa Sekolah, Erick Thohir Semringah

Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan apresiasi kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), yang menjadikan para petani sebagai mitra.

Hal ini diungkapkannya pada acara penanaman perdana peremajaan sawit rakyat di Koperasi Unit Desa (KUD) Mojopahit Jaya, Desa Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Saya mengucapkan terima kasih. Karena, jajaran direksi dan komisaris PTPN menjadikan saudara-saudara kita, para petani, yang selama ini diposisikan lemah menjadi mitra. Ketika banyak perusahaan mengontrol bibit sawit unggul ke petani, kita (PTPN) justru buka lebar. Ini kebijakan luar biasa," kata dia, Sabtu, 27 November 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir juga sempat berdialog langsung dengan petani. Tukimin salah satunya. Petani KUD Mojopahit Jaya ini mengaku bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar mitra PTPN V.

Sejak mengikuti program transmigrasi pada 1988 silam, ia memiliki tingkat ekonomi yang baik dengan menjadi petani sawit mitra anak usaha PTPN III (Persero) tersebut.

"Syukur Alhamdulillah. Selama bergabung di PTPN V, kami semua berhasil, sejahtera semua. Bisa sekolahkan anak, bangun rumah dan lain sebagainya, pak," ujar Tukimin.

Dalam kegiatan ini, PTPN V untuk pertama kalinya menyediakan dan melepas bibit sawit unggul bersertifikat kepada para petani.