Jika Asteroid Jatuh ke Bumi, Ilmuwan: Demi Tuhan, Jangan Dilihat

Asteroid melewati Bumi.
Asteroid melewati Bumi.
Sumber :
  • Discover Magazine

VIVA – Direktur Institut Teknologi dan Industri Luar Angkasa Alan Duffy mengingatkan bahaya yang dialami manusia apabila mencoba menatap asteroid atau meteor saat jatuh menuju Bumi.

Ia pun merekomendasikan untuk tidak melakukan hal itu kendati memiliki rasa penasaran yang tinggi.

"Saran terbaik adalah jangan melihatnya. Demi Tuhan. Mungkin akan sulit untuk tidak menatapnya. Yang jelas, nih, cahaya silau dari benda-benda luar angkasa itu saat terbakar di atmosfer sangat berbahaya. Retina mata Anda bisa rusak," kata dia, seperti dikutip dari situs Dailystar, Minggu, 28 November 2021.

Duffy memberi contoh apa yang terjadi di Chelyabinsk, Rusia, di mana batu luar angkasa besar terakhir yang masuk ke Bumi adalah meteor yang terbakar di langit negara itu pada Februari 2013.

Cahaya dari meteor itu sedikit lebih terang dari Matahari dan terlihat hingga 100 kilometer.

"Itulah sebenarnya yang menyebabkan terjadinya banyak cedera di Chelyabinsk. Orang-orang bertindak tidak masuk akal dengan melihat bola api besar yang menyala di langit, yang kecerahannya pada dasarnya seperti Matahari ketika akhirnya meletus. Ini pula yang menyebabkan banyak kerusakan retina mata," jelasnya.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA kini telah memulai misi yang dapat mencegah situasi serupa dengan peristiwa Chelyabinsk.