5 Asteroid Bikin Heboh Warga Bumi, Ada yang Hari Ini Melintas

Ilustrasi Asteroid mendekati Bumi.
  • CNET

VIVA – Kurang lebih satu bulan lagi tutup tahun 2021. Berbagai fenomena astronomi, ada yang sudah dilewati dan ada pula yang akan datang.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Kali ini, ada asteroid yang akan melakukan pendekatan ke Bumi hingga Desember mendatang. Berdasarkan data VIVA Tekno, berikut lima asteroid, yang sudah maupun akan mendekati orbit Bumi:

Asteroid 2008 GO20

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Pada 24 Juli tahun ini, Asteroid 2008 GO20 melintas dan mendekati Bumi. Lintasan batuan antariksa itu dideteksi oleh Center for Near Earth Object Studies milik Badan Penerbangan dan Antariksa (CNEOS NASA). Benda itu melewati Bumi dari jarak dekat tetapi aman atau 0,03283 unit astronomi.

Perkiraan NASA menunjukkan ukuran asteroid di kisaran 302 hingga 688 kaki (92 hingga 210 meter). Berdasarkan angka-angka ini pula, Asteroid 2008 GO20 kira-kira sebesar atau dua kali lebih besar dari Menara Jam Big Ben di Westminster, London, Inggris.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Asteroid 1998 SD9

Batu luar angkasa ini mendekati Bumi dari jarak aman 2,5 juta mil pada 6 Oktober 2021 pukul 19.53 UTC atau 7 Oktober 2021 pukul 02.53 WIB. Menurut NASA, ukuran batu luar angkasa ini antara 144 hingga 325 kaki (44 sampai 99 meter).

Dengan kata lain, Asteroid 1998 SD9 lebih besar dari Big Ben di London, Inggris (315 kaki/96 meter) dan Patung Liberty di New York, AS (151 kaki/46 meter). Batu luar angkasa itu terdeteksi oleh NASA beberapa minggu sebelumnya.

Mereka lalu mengeluarkan peringatan karena setiap objek luar angkasa yang bergerak cepat, atau berada dalam rasio 4,65 juta mil di sekitar Bumi, dianggap sebagai objek berpotensi bahaya.

Asteroid 1994 WR12

Asteroid besar berukuran 430 kaki meluncur menuju jalur orbit Bumi pada Senin hari ini, 29 November 2021.

Ukurannya dua kali lebih besar dari Menara Jam Big Ben, sehingga para astronom memperkirakan jika asteroid itu menabrak Bumi maka dampaknya akan menghasilkan energi yang setara dengan 77 megaton TNT.

Asteroid 1994 WR12 akan melewati Bumi pada jarak 3,8 juta mil. Asteroid ini ditemukan oleh Astronom Amerika Serikat Carolyn S Shoemaker di Observatorium Palomar pada 28 November 1994.

Asteroid 2003 SD220

Batu luar angkasa ini memiliki diameter sekitar 791 meter atau hampir seukuran Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Asteroid tersebut akan melakukan pendekatan dengan Bumi pada 17 Desember 2021 dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dengan kecepatan 5,6 km per detik.

Sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan Bulan jauh lebih dekat dari itu, atau sekitar 385 ribu km. Dengan demikian, meskipun diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA) karena ukuran dan jaraknya yang dekat dengan Bumi, tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Asteroid 2018 AH

Batu luar angkasa yang dinamakan 2018 AH itu akan muncul pada 27 Desember mendatang dengan jarak 296.758 km atau tiga perempat jarak dari Bumi ke Bulan. Meskipun ukurannya sangat besar, namun asteroid ini kurang mendapat perhatian karena redup.

Ledakan Asteroid 2018 AH jika jatuh ke Bumi diklaim lebih kuat dari bom nuklir, menurut alat pelacak asteroid NASA. Para peneliti memperkirakan asteroid itu berdiameter antara 84 hingga 190 meter, membuatnya mirip dengan Asteroid Tunguska yang diduga menghasilkan ledakan 12 megaton.