Jack Dorsey: Selamat Tinggal Twitter

CEO Twitter Jack Dorsey.
CEO Twitter Jack Dorsey.
Sumber :
  • Twitter/@DorseysBeard

VIVA – Jack Dorsey resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala eksekutif (CEO) Twitter. Pucuk pimpinan media sosial berlogo burung biru tersebut akan diisi oleh Parag Agrawal, yang semula menjabat sebagai chief technology officer (CTO) Twitter.

Dorsey yang berusia 45 tahun ini tercatat sebagai CEO Twitter dan Square, perusahaan pembayaran digital. Dorsey akan tetap menjadi anggota dewan direksi sampai masa jabatannya berakhir pada rapat pemegang saham 2022.

"Saya memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan siap untuk pindah dari pendirinya," kata Dorsey dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Verge, Selasa, 30 November 2021.

Dorsey mengatakan dalam email yang dia unggah ke Twitter bahwa Parag Agrawal telah menjadi pilihannya untuk memimpin perusahaan "untuk beberapa waktu mengingat seberapa dalam dia memahami perusahaan dan kebutuhannya.

Dorsey, yang ikut mendirikan raksasa media sosial Twitter pada 2006, menjabat sebagai CEO hingga 2008 sebelum dikeluarkan dari peran tersebut. Ia kembali ke Twitter sebagai pucuk pimpinan pada 2015 setelah mantan CEO Dick Costolo mengundurkan diri.

Lantas, siapakah Parag Agrawal? Namanya memang tidak terlalu terkenal namun Parag sudah menjadi bagian dari perusahaan lebih dari satu dekade. Bermula sebagai engineer kemudian merangkak naik menjadi seorang Chief Technology Officer atau CTO Twitter sekaligus sahabat Jack Dorsey.

Agrawal merupakan seorang lulusan jurusan ilmu komputer dan teknik di Indian Institute of Technology. Ia kemudian melanjutkan studinya di Stanford University di bidang filsafat dan ilmu komputer, lalu lulus pada 2012.