Stimulus untuk Industri eSports Indonesia

eSports.
Sumber :
  • Dunia Games

VIVA – Industri gaming dan eSports Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif yang dibuktikan dengan semakin banyaknya elemen yang hadir untuk memperkuat ekosistemnya hingga berbagai prestasi tingkat global yang berhasil diraih oleh para gamer Tanah Air.

FC Mobile Indonesia Rayakan Kesuksesan dengan Aksi Sosial

Dunia eSports diprediksi akan terus berkembang di Tanah Air, di mana Indonesia menjadi negara pendorong pertumbuhan industri tersebut di Asia Tenggara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh pendapatan atau revenue sebesar US$1,74 miliar pada 2020, atau naik 32,7 persen (year on year/yoy).

Esports: Ada Coach Justin, PUBG Mobile Gelar Turnamen Rayakan 6th Anniversary

Oleh karenanya, pendapatan dari industri gaming dan eSports di Tanah Air diproyeksi akan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Indonesia, menurut Newzoo, juga menjadi salah satu pasar gaming terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini diperkuat oleh data yang menyebutkan, dari total 274,5 juta gamer di Asia Tenggara pada tahun ini, Indonesia berkontribusi sekitar 43 persen terhadap jumlah total.

Hajar China, Indonesia Juara EA Sports FC Pro Mobile Festival 2024

Selain itu, Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai US$2,08 miliar atau Rp30 triliun. Untuk menjadi seorang gamer olahraga elektronik atau eSports yang tangguh dan profesional dibutuhkan kompetisi untuk mendorong potensi diri yang sesungguhnya.

Prinsip ini diterapkan Telkomsel dengan menggelar Dunia Games Award (DGA) 2021.

“Ajang ini juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak. Mulai dari gamer hingga pengembang game lokal yang telah memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan industri terkait," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana, Selasa, 30 November 2021.

Ia pun berharap DGA 2021 dapat menjadi stimulus yang mampu menumbuhkan semangat seluruh pihak di industri gaming dan eSports Tanah Air.

Bukan itu saja, Telkomsel juga akan memberikan apresiasi kepada gamer, atlet eSports profesional, content creator, eSports organizer, publisher dan developer game lokal, celebrity gamer hingga fans club eSports, di mana acara puncak penghargaan akan ditayangkan langsung secara eksklusif di aplikasi Maxstream, channel YouTube Dunia Games, YouTube Telkomsel pada 23 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya