Stimulus untuk Industri eSports Indonesia

eSports.
eSports.
Sumber :
  • Dunia Games

VIVA – Industri gaming dan eSports Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif yang dibuktikan dengan semakin banyaknya elemen yang hadir untuk memperkuat ekosistemnya hingga berbagai prestasi tingkat global yang berhasil diraih oleh para gamer Tanah Air.

Dunia eSports diprediksi akan terus berkembang di Tanah Air, di mana Indonesia menjadi negara pendorong pertumbuhan industri tersebut di Asia Tenggara.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh pendapatan atau revenue sebesar US$1,74 miliar pada 2020, atau naik 32,7 persen (year on year/yoy).

Oleh karenanya, pendapatan dari industri gaming dan eSports di Tanah Air diproyeksi akan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Indonesia, menurut Newzoo, juga menjadi salah satu pasar gaming terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini diperkuat oleh data yang menyebutkan, dari total 274,5 juta gamer di Asia Tenggara pada tahun ini, Indonesia berkontribusi sekitar 43 persen terhadap jumlah total.

Selain itu, Indonesia juga menyumbang pendapatan terbesar senilai US$2,08 miliar atau Rp30 triliun. Untuk menjadi seorang gamer olahraga elektronik atau eSports yang tangguh dan profesional dibutuhkan kompetisi untuk mendorong potensi diri yang sesungguhnya.

Prinsip ini diterapkan Telkomsel dengan menggelar Dunia Games Award (DGA) 2021.