Inovatif, Teknologi Digital Dorong Produktivitas Sektor Peternakan

Ilustrasi perekonomian dalam digitalisasi.
Ilustrasi perekonomian dalam digitalisasi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, kini sektor peternakan di Indonesia pun mulai ikut serta memanfaatkan teknologi dalam pengelolaannya. Salah satunya adalah Chickin Indonesia yang hadir menghasilkan terobosan inovatif untuk menciptakan sistem smart farm.

Sistem smart farm guna meminimalisir segala risiko yang berpotensi merugikan dalam usaha peternakan ayam broiler dan mendapatkan hasil optimal dengan menerapkan cara yang produktif dan efisien.

Berangkat dari setumpuk kegundahan para peternak dan bahkan calon peternak ayam broiler saat menjalankan bisnis budidaya ayam broiler.

Angka kematian ternak yang tinggi, pengelolaan kandang yang tidak sistematis, sistem pendataan ternak yang masih menggunakan cara tradisional, dan lingkup pemasaran yang sempit.

Chickin Indonesia menciptakan solusi tepat sasaran yang efektif menggunakan teknologi digital IoT (Internet of Things) kepada para peternak ayam broiler dengan menghadirkan aplikasi yang bernama Chickin Smart Farm App.

IoT adalah segala perangkat fisik yang terhubung pada sambungan internet, ataupun jaringan wireless agar dapat bekerja secara fungsional. Perangkat IoT ini akan bekerja tanpa campur tangan manusia dengan mengirimkan data transmisi melalui sebuah jaringan.

Paket solusi lengkap dalam satu aplikasi, Chickin Smart Farm App sudah mencakup produk monitoring and control cage climate and feedback, financial and administrative data, live bird price update serta farm management consultant.