Inovatif, Teknologi Digital Dorong Produktivitas Sektor Peternakan

Ilustrasi perekonomian dalam digitalisasi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, kini sektor peternakan di Indonesia pun mulai ikut serta memanfaatkan teknologi dalam pengelolaannya. Salah satunya adalah Chickin Indonesia yang hadir menghasilkan terobosan inovatif untuk menciptakan sistem smart farm.

Puluhan Dokter Hewan di Sumbawa Gelar Pelatihan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku

Sistem smart farm guna meminimalisir segala risiko yang berpotensi merugikan dalam usaha peternakan ayam broiler dan mendapatkan hasil optimal dengan menerapkan cara yang produktif dan efisien.

Berangkat dari setumpuk kegundahan para peternak dan bahkan calon peternak ayam broiler saat menjalankan bisnis budidaya ayam broiler.

Dear Peternak, Ada Kabar Baik dan Tips agar Produksi Lebih Meningkat

Angka kematian ternak yang tinggi, pengelolaan kandang yang tidak sistematis, sistem pendataan ternak yang masih menggunakan cara tradisional, dan lingkup pemasaran yang sempit.

Chickin Indonesia menciptakan solusi tepat sasaran yang efektif menggunakan teknologi digital IoT (Internet of Things) kepada para peternak ayam broiler dengan menghadirkan aplikasi yang bernama Chickin Smart Farm App.

Bisnis Baru Mark Zuckerberg, Bangun Ternak Sapi dengan Lahan Senilai Rp 4,2 Triliun

IoT adalah segala perangkat fisik yang terhubung pada sambungan internet, ataupun jaringan wireless agar dapat bekerja secara fungsional. Perangkat IoT ini akan bekerja tanpa campur tangan manusia dengan mengirimkan data transmisi melalui sebuah jaringan.

Paket solusi lengkap dalam satu aplikasi, Chickin Smart Farm App sudah mencakup produk monitoring and control cage climate and feedback, financial and administrative data, live bird price update serta farm management consultant.

Mulanya, para peternak ayam broiler cukup khawatir atas kerap terjadinya perubahan kondisi cuaca dan suhu kandang yang sulit dikendalikan.

Namun dengan menggunakan produk Micro Climate Controller (MCC), peternak tidak perlu risau lagi karena sudah dengan mudahnya dapat mengatur suhu dan kelembaban secara otomatis menggunakan artificial intelligence sesuai dengan umur ayam ataupun secara manual, melalui aplikasi Chickin Smart Farm App.

Dalam aplikasi tersebut, telah tersedia fitur monitoring and control cage climate and feedback, financial and administrative data, live bird price update serta farm management consultant.

Ada pun fitur-fitur tersebut dapat dimaksimalkan untuk memudahkan para peternak untuk menyimpan data-data seputar kandang selama masa budidaya ayam broiler.

Nantinya akan tersedia semua data tentang administrasi kandang mulai dari sapronak, data harian dan data penjualan akhir. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam aspek pemantauan sehingga tidak perlu pusing lagi untuk bisa mendapatkan semua data dan dapat diselesaikan secara transparan dan real time hanya dalam satu aplikasi.

Dalam usaha untuk mengoptimalkan kinerja kandang dalam satu aplikasi, Chickin Smart Farm App berhasil mengefisiensi sistem kandang ternak ayam broiler.

Mampu mengurangi angka kematian ayam broiler hingga mencapai kurang dari 3% dengan angka keberhasilan panen hampir 100% dan mendapatkan profit sebesar 300-400% lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya