Telkom Bikin Aplikasi untuk Bantu Industri Pariwisata

Gedung Telkom Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini memimpin rapat Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Aplikasi Bersih-bersih Sampah di HP, Nomor 1 hingga 3 Familiar

Pertemuan tersebut mengusung tema Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Transformasi dan Pengembangan Pariwisata Berkualitas secara Berkelanjutan, dan diadakan sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan pariwisata dan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Turut hadir dalam rakornas yakni Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia, Edi Witjara. Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses monitoring proyek DPSP secara digital, yang diberi nama Tomps.

Pertumbuhan Ekonomi Bali Duduki Peringkat ke-6 dari 34 Provinsi di Indonesia

“Kami mengedepankan kemudahan dalam mengelola proyek melalui supervisi daring,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 3 Desember 2021.

Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Photo :
  • Istimewa
Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Edi menjelaskan, pembuatan aplikasi itu adalah salah satu bentuk kerja nyata Telkom Indonesia sebagai bagian dari usaha menciptakan pariwisata yang berkualitas.

Terkait fokus perhatian pemerintah terhadap industri pariwisata Indonesia, Menko Luhut meminta agar DPSP mendapat dukungan secara penuh, termasuk melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur untuk memajukan beragam destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang turut bergabung secara daring menjelaskan perlunya peningkatan kualitas destinasi pariwisata dengan konsep kerja sama pentahelix, yang mencakup bidang akademik, media, pemerintahan, komunitas, dan bisnis.

Hal ini mencakup beberapa aspek, seperti pengembangan destinasi, pemberdayaan masyarakat dan sumber daya manusia, pengembangan industri dan investasi, pengembangan promosi, product development dan event, serta pengembangan ekonomi kreatif.

Edi mengungkapkan, Telkom Indonesia berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa, melalui ragam langkah sinergi dan kolaborasi baik dengan pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Ke depannya, Telkom Indonesia akan terus berupaya untuk berkontribusi dan melahirkan beragam inovasi yang diharapkan akan dapat mendukung agenda pemerintah untuk membangun Indonesia agar makin mampu bersaing di tengah persaingan global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya