Merawat Karya Seni Lokal dengan Blockchain

Blockchain.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Meski sudah populer secara global, keberadaan Non-Fungible Token (NFT) terdengar asing bagi sebagian orang Indonesia. Padahal, NFT punya andil besar untuk meningkatkan nilai beragam karya dari para seniman.

Harta Karun Tersembunyi! Keluarga Temukan Karya Seni Jepang Curian Perang Dunia II di Loteng

Superlative Secret Society, pendatang baru dunia uang kripto atau cryptocurrency asli Indonesia, resmi memperkenalkan diri secara langsung pada kegiatan Urban Sneaker Society 2021.

Secara teknis, NFT adalah aset digital yang menggambarkan obyek asli seperti karya seni atau karakter yang terdapat pada game dan video.

Selonia Mengibarkan Bendera Indonesia dalam Acara Balon Terbesar di Singapura

Dalam bahasa sederhana, NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui Blockchain.

Artinya, transaksi jual beli aset digital melalui NFT menggunakan cryptocurrency yang pada akhirnya tetap bisa dikonversi menjadi mata uang konvensional.

Unik, Ini Perjalanan Ballooney dan Tim Pecahkan Rekor Balon Terbesar di Singapura

Atas setiap karya seni, hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas yang unik. Dengan cara kerja seperti itu, NFT bisa difungsikan sebagai penanda orisinalitas dari sebuah karya.

Di sisi lain, hasil karya seniman Indonesia sering kali dipandang sebelah mata. Seandainya mendapatkan pengakuan sekalipun, mahakarya mereka dengan mudah dibajak atau diduplikasi oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Adanya NFT maka karya seni sekaligus profesi seniman bisa lebih dihargai. Selain mendapatkan pengakuan, NFT juga membantu mereka untuk mendapatkan uang.

Sadar betul dengan kondisi yang terjadi di Tanah Air, empat anak muda berinisiatif untuk mengelola NFT dalam sebuah payung bernama Superlative Secret Society (SuperlativeSS).

Superlative Secret Society.

Photo :
  • Dok. Superlative Secret Society

Pendiri dan Kepala Eksekutif Superlative Secret Society Prasetyo Budiman mengungkapkan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar dalam melahirkan karya-karya seni, bahkan diminati mancanegara.

"Kita itu mulai penjualan aset digital besar-besaran tanggal 22 September kemarin. SuperlativeSS itu 100 persen buatan anak bangsa dengan empat pendiri. Mulai dari artist, developer program, hingga community manager. Semuanya anak muda Indonesia," tegas dia, Minggu, 5 Desember 2021.

Ia menambahkan, kebanyakan aset digital yang dipajang SuperlativeSS dipasarkan melalui platform Opensea.io yang saat ini termasuk salah satu marketplace NFT terbesar di dunia. "Bahkan artwork yang kita jual sudah laku semua dalam waktu cepat. Itu di luar ekspektasi kita," ujar Prasetyo.

SuperlativeSS telah berkembang menjadi komunitas besar. Di platform Twitter, pengelola NFT asli Indonesia ini sudah punya lebih dari 36 ribu pengikut. Sedangkan dalam aplikasi Discord, komunitasnya sudah memiliki 67 ribuan anggota.

Sayang, para kolektor yang berada di komunitas NFT ini masih didominasi orang dari luar negeri. "Visi SuperlativeSS sederhana. Ingin menjadi katalis seniman-seniman di Indonesia agar lebih dikenal dan dihargai," tutur Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya