Dolar AS Dipilih karena Nilai Tukar yang Stabil

Mata uang dolar AS.
Mata uang dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak 2020 hingga kini turut mendorong kesadaran masyarakat terhadap pentingnya manfaat asuransi. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan, peningkatan pendapatan premi tahun lalu sampai saat ini, di mana salah satunya disumbang oleh kenaikan premi bisnis baru sebesar 27,4 persen di semester I 2021.

Porsi kontribusi pada angka bisnis baru ini didominasi oleh penjualan melalui lini bancassurance yang tercatat sebesar 55,8 persen. Pertumbuhan premi bisnis baru tersebut ditopang oleh menguatnya peran penjualan bancassurance yang tumbuh 37,5 persen atau setara nilai premi Rp37,96 triliun pada tahun ini.

Selain itu, AAJI juga mencatat pendapatan premi dari produk unitlink meningkat sebanyak 17 persen pada semester pertama tahun ini, yang sekaligus menunjukkan minat besar masyarakat terhadap lini produk tersebut. Berdasarkan data-data tersebut, AIA dan CIMB Niaga resmi meluncurkan produk bancassurance Fortuna Saver Protection.

Produk asuransi unitlink berbasis mata uang Dolar Amerika Serikat (US$) ini membantu nasabah menyiapkan proteksi dan rencana keuangan jangka panjang. Dengan premi yang singkat yakni tiga tahun, Fortuna Saver Protection menawarkan manfaat proteksi hingga 20 tahun dengan manfaat proteksi jiwa 5-10 kali dari premi dasar.

Fortuna Saver Protection memiliki fitur proteksi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar 5-10 kali dari premi dasar, dan 300 persen uang pertanggungan apabila meninggal dunia dalam kecelakaan menggunakan transportasi umum.

Produk ini dilengkapi fitur investasi berbasis mata uang dolar AS yang secara historis memiliki pergerakan nilai tukar yang stabil. Selain itu, Fortuna Saver Protection menawarkan pilihan fitur investasi yang lebih beragam sehingga mendukung nasabah dalam melakukan strategi diversifikasi investasi sesuai dengan profil risiko.

"Fortuna Saver Protection dirancang khusus untuk melengkapi proteksi dan mendukung perencanaan dana masa depan dengan akumulasi aset. Proteksi panjangnya hingga masa tua 20 tahun, loyalty bonus hingga 40 persen dari premi dasar, dan dilengkapi akses investasi ke pasar global yang bervariasi yang disesuaikan dengan profil risiko nasabah," kata Direktur Utama AIA Sainthan Satyamoorthy, Senin, 6 Desember 2021.