Amerika Makin Terpojok oleh China

Amerika Serikat (AS) vs China di luar angkasa.
Amerika Serikat (AS) vs China di luar angkasa.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA – Satelit Amerika Serikat (AS) terus-menerus diserang dan China digadang-gadang menjadi kekuatan super di ruang angkasa (space superpower) yang dominan pada akhir dekade ini.

“Ancaman (dari China) benar-benar tumbuh dan berkembang setiap hari. Ini benar-benar evolusi aktivitas yang sudah terjadi sejak lama. Kami benar-benar berada pada titik di mana sistem ruang angkasa kami semakin terancam," kata Wakil Kepala Staf Luar Angkasa AS Jenderal David Thompson.

Menurutnya, Amerika Serikat harus menghadapi serangan yang terjadi secara terus-menerus terhadap satelit setiap harinya melalui alat non-kinetik seperti laser, pengacau frekuensi radio, dan serangan dunia maya.

Para ahli dari seluruh dunia sepakat menentang penggunaan senjata kinetik terhadap satelit yang dapat memperburuk jumlah puing-puing luar angkasa di sekitar orbit Bumi dan menjebak manusia dalam skenario terburuk.

China sedang membangun versi GPS sendiri dan beberapa satelit mata-mata. Jumlah peluncurannya dua kali lipat lebih banyak dari Amerika Serikat, seperti dikutip dari situs Independent, Selasa, 7 Desember 2021.

"Mereka (China) sebenarnya jauh di depan Rusia. Mereka menggunakan sistem operasional dengan kecepatan yang luar biasa. Meski kami masih menjadi yang terbaik, tapi China mampu mengejarnya dengan cepat," ungkap Thompson.

Jadi, menurutnya, Amerika Serikat harus khawatir pada akhir dekade ini jika tidak segera beradaptasi.