Pengusaha Muda Jogja, Bangun Bisnis Jasa ERP Sejak Usia 14 Tahun

M Abdurrohman Alhafidz, Direktur Utama dari PT Metafora Indonesia Teknologi (IDMETAFORA).
Sumber :

VIVA – Di usia yang masih sangat muda tapi sudah punya bisnis dengan omset miliaran rupiah, ialah M Abdurrohman Alhafidz, Direktur Utama dari PT Metafora Indonesia Teknologi (IDMETAFORA).

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Pengusaha muda Jogja ini sudah mulai menekuni bahasa pemrograman sejak usia 14 tahun pada tahun 2009. Saat itu Hafidz masih duduk dibangku Sekolah Menengah Kejuruan sudah mulai terbiasa belajar membangun sistem dan aplikasi.  

Dengan kemampuan membangun aplikasi dan website, sejak usia 14 tahun Hafidz telah menjuarai beberapa kompetisi baik di tingkat provinsi hingga mewakili provinsi Sumatera Selatan untuk berkompetisi antar siswa SMK di tingkat nasional.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Membangun Perusahaan Jasa ERP

Pada saat tahun 2012, Hafidz merasakan hidup merantau ke kota Jogja untuk mencari ilmu. Dengan uang kiriman bulanan yang sering kali habis sebelum akhir bulan, membuat Hafidz harus memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhannya selama menempuh kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Jogja.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Dengan kehidupan yang serba terbatas, Hafidz memberanikan dari membuat aplikasi Enterprise Resources Planning (ERP) yang dirasa akan membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya, pada tahun 2014 Hafidz mulai membangun IDMETAFORA (Perusahaan solusi jasa ERP) dengan modal hanya 89 ribu rupiah dari uang jajan harian yang dikumpulkan.

Waktu demi waktu dilalui dengan melayani permintaan pembuatan aplikasi ERP bisnis, seiring berjalannya waktu, saat ini IDMETAFORA sudah melayani ratusan proyek jasa pembuatan ERP baik dari perusahaan Indonesia maupun dari berbagai negara seperti Australia, Swiss, Malaysia & berbagai negara lainnya.

Beberapa Badan Usaha Milik Negara & Badan Usaha Milik Daerah pun banyak yang menjadi klien dari IDMETAFORA.

Hafidz menyampaikan pada awalnya tak ada yang mengenal IDMETAFORA, tapi kami berusaha memberikan hasil terbaik pada setiap kesempatan yang diberikan.

“Kami bersyukur ada orang-orang baik yang memberi kami kesempatan untuk membuatkan sistem untuk perusahaan mereka di saat awal kami membangun bisnis. Kami berusaha menjaga kepercayaan tersebut sampai saat ini. Ada klien-klien awal kami sampai saat ini masih terus menggunakan jasa kami, ini membuat kami terharu", ungkap Hafidz.

Usaha yang dibangun dengan modal 89 ribu tersebut kini sudah bertransformasi menjadi bisnis dengan omset milyaran tiap tahunnya dan menjadikan Hafidz salah satu pengusaha muda sukses beromset miliaran.

Harapan besar dalam pengembangan IDMETAFORA kedepan pun disampaikan Hafidz saat kami wawancarai secara online.

“Kami ingin membantu lebih banyak lagi pengusaha di Indonesia agar dapat menjalankan operasional bisnis mereka dengan cepat, tersistem dan efisien dengan cara menerapkan aplikasi ERP pada bisnisnya", ungkap Hafidz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya