Seberapa Penting Blockchain di Industri Kesehatan?

Teknologi Blockchain dan turunannya.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Teknologi Blockchain memainkan peran penting dalam membantu mengatasi perang melawan pandemi COVID-19 dan industri kesehatan secara keseluruhan di dunia. Rantai blok ini dinilai cocok untuk bidang kesehatan karena banyak data yang dihasilkan sektor tersebut bersifat berkesinambungan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Blockchain merupakan buku besar (ledger) digital terdistribusi yang terus berkembang. Buku ini berisi kumpulan catatan data dalam blok-blok. Buku besar digital ini terhubung dalam rantai jaringan server komputer yang saling terhubung satu sama lain setelah melalui proses enkripsi kriptografi, atau perubahan data ke dalam sistem kode.

Untuk bisa membaca data ini, pengakses harus punya kata sandi tertentu. Jaringan yang terhubung tersebut bisa bersama-sama menjalankan sebuah protokol yang disepakati bersama dengan menggunakan metode algoritma matematika.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Terkait dengan pandemi COVID-19, COO Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan Blockchain dapat diterapkan untuk berbagai kebutuhan, seperti menyimpan data riwayat kesehatan pasien, mentransfer data secara aman, mengelola rantai pasokan peralatan medis dan obat-obatan, dan membantu peneliti dalam pengolahan kode genetik.

"Hal-hal ini penting untuk mengantisipasi dan menangani dampak buruk pandemi COVID-19 dengan cepat," kata dia, Selasa, 7 Desember 2021. Bukan cuma sektor kesehatan, masa depan uang kripto atau cryptocurrency diprediksi semakin berkembang pesat, di mana akan memasuki era DeFi, GameFi, Tokenization Aset yang akan mengarah ke Metaverse NFT (Non-fungible token).

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Pendiri YGGSE Asia dan Country Manager YGGSEA Indonesia, Irene Umar, mengatakan GameFi dan perkembangan teknologi lainnya akan menciptakan apa yang sebelumnya dianggap sebagai hobi. Lambat laun akan beralih menjadi pekerjaan yang menguntungkan.

"Game akan menjadi pekerjaan. Itu adalah pekerjaan, di mana Anda akan mendapatkan penghasilan," tegas dia. Seiring perkembangan Blockchain yang terus terjadi setiap hari, yang mana tujuan akhirnya adalah untuk memastikan bahwa teknologi ini bisa bermanfaat bagi umat manusia dan lingkungan sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya